icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Fotografer; Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab
Siker.id | 24 Mar 2023 09:00


Bagikan ke
ilustrasi fotografer (siker / doc.freepik)

siker.id - Fotografer merupakan pekerjaan yang cukup digemari dan dibutuhkan baik oleh perorangan maupun perusahaan atau instansi. Fotografer sangat dibutuhkan di era digital ini karena kebanyakan pemasaran kini menggunkan konsep visual.

Nah, memangnya apa sih pengertian dari fotografer? apa tugas dan tanggungjawab dari seorang fotografer?

Yuk simak rangkuman singkat mengenai profesi Fotografer berikut ini

Pengertian

Fotografer adalah seorang profesional yang berfokus dalam dunia seni untuk memotrey atau mengabadikan momen dalam bentuk foto dengan memanfaatkan kamera digital atau kamera analog

Fotografer mengambil foto baik foto orang, lokasim atau objek untuk merekam peristiwa dan menceritakan kisah menggunakan gambar

Seorang fotografer tidak selamanya bekerja dalam sebuah studio, banyak dijumpai fotografer yang melakukan tugasnya di luar studio atau outdoor.

Baca juga: Begini 5 Tips Menjadi Fotografer Handal!

Lingkup Kerja

Seorang fotografer biasanya bekerja secara freelance atau kerja lepas. Namun tak jarang juga aterdapat fotografer yang terikat dengan suatu perusahaan atau instansi.

Terdapat beberapa bidang atau event yang erat dengan profesi ini seperti pernikahan, wisuda, pre-wedding, dan lain sebagainya.

Tidak hanya dalam acara-acara tertentu, seorang fotografer juga erat dengan dunia periklanan. Fotografer dapat membantu memberikan foto terbaik untuk kebutuhan iklan suatu produk.

Baca juga: Tertarik Jadi Fotografer Makanan? Kuasai 3 Hal Ini!

Tugas dan Tanggung Jawab

Seorang fotografer bertanggung jawab terhadap kualitas gambar yang diberikan kepada kliennya atau dengan kata lain penyuntingan atau editing foti merupakan salah stau tanggung jawab dari fotografer.

Editing foto tentu butuh keahlian dan ciri khas tertentu sehingga seorang fotografer pelu mengetahui minat dan target pasarnya. Dengan mengetahui minat dan target pasar, fotografer bisa mendapatkan peluang yang besar dalam berkarir sebagai fotografer karena memiliki nilai lebih dan ciri khas pada karya yang dibuat.

Berikut beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab Fotografer

1. mengambil gambar sesuai dengan konsep dari klien/perusahaan

2. mengabadikan peristiwa

3. mengedit foto untuk berbagai platform yang dibutuhkan klien/perusahaan

4. mengirimkan produk akhir atau hasil gambar kepada berbagai sumber, termasuk pelanggan internal dan eksternal, media, desain grafis maupun pihak komunikasi korporat

5.  mempromosikan bisnis kepada klien dan publik

6. melakukan konsultasi dengan klien atau perusahaan untuk menentukan tujuan proyek, lokasi dan kebutuhan peralatan

Setelah mengetahui tanggung jawab dari fotografer tentu dapat kita ketahui bahwa fotografer bukan merupakan pekerjaan yang dianggap remeh. Menjadi fotografer membutuhkan keahlian. Nah. kira-kira apa saja keahlian yang dibutuhkan oleh seorang fotografer?

Baca juga: IniDasar yang Harus Dikuasai Fotografer ! Lho Teknik

Berikut beberapa keahlian yang dibutuhkan fotografer

- kemampuan editing

- kemampuan artistik

- keahlian teknis dalam menggunakan kamera

- teliti, sabar dan cekatan

- kemampuan bekerja dengan deadline

- kreatif dan inovatif

- skill komunikasi

Biasanya Fotografer ini dilakukan oleh orang-orang yang gemar mengabadikan gambar. Mahasiswa yang masih kuliah juga dapat melakukan pekerjaan ini untuk memanfaatkan waktu luang, menambah pengalaman, dan menambah tambahan uang saku loh..

Perusahaan biasanya akan merektut fotografer dengan lulusan studi seni/fotografi/desain. Jadi buat kalian yang suka foto-foto bisa lebih ditekuni lagi melalui jurusan kuliah yang sesuai. 

Demikian informasi mengenai profesi fotografer yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


Editor: Lifiani -

     

Komentar