icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Memulai Karir dari Entry Level Job
Siker.id | 30 Nov 2021 21:55


Bagikan ke
Memulai karir dari entry level job demi menambah pengalaman adalah bagus dan memang disarankan. (siker)

siker.id - Entry level job adalah jenis pekerjaan yang hanya butuh sedikit pengalaman, pelatihan, atau pendidikan dalam kualifikasi. Pekerjaan ini tersedia di berbagai industri dan merupakan langkah awal untuk Anda dalam berkarier. Dengan mengawali karier pada entry level akan memberimu kesempatan dalam mempelajari skill yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri dan karier. Skill komunikasi, rasa tanggung jawab, melatih mental, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim adalah beberapa hal yang akan Anda pelajari dalam tingkat pekerjaan ini. Berikut ini akan dijelaskan tentang seluk beluk mengenai entry level job!

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan?

Hal Utama Dalam Memasuki Entry Level Job

1. Persaingan Dengan Yang Berpengalaman

Beberapa tahun terakhir banyak perusahaan yang melakukan perampingan yang berujung banjirnya pengangguran. Para pengangguran yang punya pengalaman kerja ini bergabung dengan mereka yang baru lulus untuk berburu pekerjaan. Kondisi ini membuat para lulusan baru kehilangan kepercayaan diri. Namun mereka seharusnya tidak usah takut. Bisa jadi para mantan karyawan yang jadi pengangguran itu tidak merasa cocok dengan pekerjaan yang diperebutkan. Alasan lainnya, mereka mungkin juga tidak merasa cocok dengan gaji yang jumlahnya lebih kecil dari sebelumnya.

2. Gajinya Rendah

Anda ingin mendapat gaji pertama tetapi jika gaji yang diterima kurang dari yang diharapkan, apakah akan melepas pekerjaan itu? Jawabannya terletak pada menjadi serealistis mungkin. Bandingkan gaji yang ditawarkan untuk posisi entry-level atau pemula dengan perusahaan lainnya. Perlu diingat beberapa tahun pengalaman dapat membuat perbedaan besar dalam karier. Jadi, untuk sementara Anda harus bersedia untuk memulai dengan gaji rendah dan membangun karier dari bawah.

3. Harus Kerja Keras

Pekerjaan tingkat pemula adalah tipe pekerjaan yang menuntut kerja keras, dan kurang memuaskan bagi lulusan yang ambisius. Anda mungkin menjadi orang yang melakukan tugas-tugas yang tidak diinginkan oleh staf yang lebih berpengalaman. Anda bisa kesal karena dapat tugas yang banyak dan diperintah sana-sini. Namun itu adalah jalan yang harus Anda lalui agar pengalaman kerja Anda berkembang.

Baca juga: Cara Mengatasi Atasan Memberi Pekerjaan Diluar Job Desc

Tips Agar Sukses di Entry Level Job

1. Terima Kesempatan Belajar

Sebagai seorang pemula, Anda harus menerima dan memanfaatkan seluruh kesempatan yang tersedia di tempat kerja. Di entry level job, Anda bisa bertemu, belajar, dan berdiskusi dengan para profesional yang telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang yang Anda minati.

2. Mengeksplorasi Pilihan Karier

Sebagai pekerja entry level, Anda memiliki banyak waktu untuk mengeksplorasi kesempatan karier dalam bidang yang ditekuni. Oleh karena itu, penting untuk belajar setiap aspek dalam bidang yang sedang Anda jalani agar bisa membuat keputusan karier.

3. Mengambil Inisiatif

Sebagai pekerja entry level, Anda memiliki kesempatan untuk membuat kesan yang baik di depan rekan kerja dan atasan. Dengan mengambil inisiatif dan menunjukkan sikap positif, atasan Anda akan lebih mengingat Anda apabila ada kesempatan untuk promosi. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak malu untuk bertanya, atau meminta feedback dari atasan atas hasil kerja Anda.

Sekian artikel tentang tips memulai karir dari entry level job. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar