icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Legal Officer: Pengertian dan Tugas
Siker.id | 20 Mar 2023 13:15


Bagikan ke
ilustrasi legal officer (siker / doc.freepik)

siker.id - Apa itu Legal Officer? 

Legal Officer adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam seluruh permasalahan hukum baik secara internal maupun eksternal perusahaan. 

Seorang Legal Officer biasanya dipekerjakan oleh perusahaan, agensi, dan organisasi lainnya dan memiliki tugas untuk mengurus dokumen, perizinan, surat-surat dan menyelesaikan permasalahan hukum baik dalam internal perusahaan maupun dengan eksternal perusahaan untuk menjaga perusahaan tersebut dari masalah hukum.

Baca juga: Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan

Berikut beberapa kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi Legal Officer di perusahaan:

1. Lulusan S-1 Ilmu Hukum

2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

3. Kritis dan teliti

4. Kemampuan negosiasi

5. Kemampuan administratif yang baik

Baca juga: Tertarik Jadi Legal Officer? Pahami Ini Dulu!

Tugas dan tanggung jawab Legal Officer

Sebagai Legal Officer, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab seorang Legal Officer:

1. Memberikan nasihat hukum

Legal Officer memiliki tugas untuk memberikan pengarahan kepad adewan direksi terkait masalah hukum, potensi risiko dan tindakan yang perlu diambil. Sebagai lulusan Ilmu Hukum, seorang Legal Officer diharapkan mampu menerjemahkan istirlah-istilah hukum yang rumit sehingga dapat mudah dipahami.

2. Mengelola semua dokumen legal

Legal Officer bertanggung jawab untuk mengelola dokumen legal milik perusahaan. Seorang Legal Officer perlu menulis dan meninjau dokumen-dokumen seperti perjanjian kerja, perjanjian partnership, sertifikat saham, perizinan, dan lain-lain.

Tanggung jawab ini merupakan bagian penting bagi seorang Lega Officer yang tentunya membutuhkan ketelitian yang tinggi serta kehati-hatian karena Legal Officer tentu akan mengetahui permasalahan perusahaan dan memegang dokumen-dokumen penting dari perusahaan.

3. Melakukan Riset

Legal Officer dituntut untuk selalu aktif meneliti sumber hukum melalui artikel, undang-undang, maupun keputusan pengadilan agar perusahaan tetap mengikuti perubahan dan perkembangan regulasi yang ada.

4. Mengidentifikasi risiko

Permasalahan hukum dalam perusahaan adalah sebuah risiko yang harus diantisipasi atau dihentikan. Sebagai Legal Officer tentu harus terus menganalisis permasalahan, tindakan dan keputusan perusahaan untuk mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin timbul dikemudian hari.

5. Mengadakan Sosialisasi

Legal Officer perlu mengadakan sosialisasi dan pengarahan ketika perusahaan sedang mengalami masalah hukum. Seorang Legal Officer perlu memberikan pengarahan terkait hal-hal yang perlu dihindari agar reputasi perusahaan terjamin. Dengan pengarahan-pengarahan yang terarah, perusahaan dapat menyelesaikan masalah hukum dengan lebih cepat

Baca juga: Berikut Ini Fungsi dan Kemampuan Seorang Legal Officer

Posisi Legal Officer di perusahaan akan mempermudah untuk menangani setiap permasalahan hukum pada perusahaan. Perusahaan juga akan mudah untuk menjalankan usahanya dengan dokumen-dokumen yang diurus oleh Legal Officer

 

 


Editor: Lifiani -

     

Komentar