icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Perbedaan Antara Startup dan Corporate?
Siker.id | 30 Nov 2021 19:30


Bagikan ke
Ada perbedaan besar antara bekerja di startup dan di corporate. (siker)

siker.id - Perusahaan startup dan corporate sudah tidak asing lagi ditelinga millennial dan Gen Z. Diantara keduanya terdapat perbedaan yang besar. Dari definisi, startup merupakan perusahaan baru yang dirintis untuk menjawab kebutuhan pasar dengan menggabungkan bisnis dengan kemajuan teknologi digital. Sedangkan corporate atau korporasi adalah perusahaan besar yang telah mapan dan memiliki sistem serta berbagai aturan tersendiri yang dijalankan secara terstruktur. Berikut ini akan dijabarkan beberapa perbedaan yang pasti antara startup dan corporate!

Baca juga: Apa Peran Management Trainee Bagi Perusahaan?

1. Jam Kerja

Perbedaan budaya kerja pertama antara startup dan korporat adalah jam kerja. Untuk perusahaan korporat memiliki jam kerja yang lebih ketat, seperti 9-5 atau pukul 09.00-17.00. Jika karyawan telat, kemungkinan ia akan mendapat konsekuensi berupa potong gaji dan lainnya. Sementara itu, perusahaan startup memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Karena dalam perusahaan startup yang terpenting adalah Anda memenuhi durasi kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

2. Tempat Kerja

Perbedaan berikutnya adalah dari segi tempat kerja. Umumnya, perusahaan korporat lebih memilih gedung perkantoran dengan sistem sekat atau cubicle di dalamnya. Setiap karyawan akan memiliki sekatnya sendiri-sendiri yang dijadikan sebagai ruang kerja mereka sehari-hari. Adapun ruangan karyawan dan atasannya yang biasanya terpisah. Kalau perusahaan startup umumnya bekerja di coworking space atau tempat yang terbuka. Tidak ada sekat atau cubicle antarkaryawan.

Baca juga: Aplikasi Sistem KPI Wajib Digunakan Perusahaan, Baca Ini !

3. Budaya Kerja

Korporasi umumnya merupakan perusahaan yang telah matang dan sudah lama berdiri, di dalamnya terdapat birokrasi dan hirarki sebagai budaya korporat. Di setiap struktur karyawan, terdapat beberapa batasan yang berpengaruh terhadap sikap dan perilaku. Budaya sopan, hormat, dan santun menjadi sebuah kebiasaan dan keseharian dalam bekerja. Sedangkan dalam lingkungan kerja startup memiliki budaya kerja yang jauh lebih fleksibel. Meskipun terdapat struktur jabatan, namun dalam prakteknya perbedaan-perbedaan jabatan tidak begitu mencolok. Tipisnya sekat tersebut membuat komunikasi bawahan dengan atasan menjadi jauh lebih santai.

4. Hak Karyawan (Gaji, Bonus, dan Tunjangan)

Perbedaan lainnya adalah pada gaji dan tunjangan yang didapatkan setiap karyawannya. Pada perusahaan corporate memiliki aturan yang cukup jelas mengenai gaji, upah lembur, tunjangan, hingga kenaikan gaji. Saat mencapai target, maka bonus besar akan menanti. Jika nantinya Anda harus lembur, maka kerja keras Anda tersebut tetap akan dihargai berkat sistem uang lembur. Besarnya gaji yang akan diterima sangat tergantung pada lama bekerja dan jabatan. Untuk startup, tak selamanya startup identik dengan nilai gaji yang kecil. Bahkan selama ini startup yang mendapat suntikan dana tinggi, biasanya akan memberikan nilai gaji yang tinggi terhadap karyawannya. Bahkan banyak pula yang berani menawarkan beberapa kali lipat lebih tinggi dari perusahaan sebelumnya. Cara ini dilakukan untuk bisa mendapatkan karyawan terbaik yang dapat memajukan perusahaan.

Sekian artikel tentang perbedaan bekerja di startup dan corporate. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Manfaat dari Kegiatan Magang Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar