icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ikuti 6 Tips Ini Saat Menghadapi Orientasi Karyawan
Siker.id | 30 Nov 2021 17:45


Bagikan ke
Bagi karyawan baru, mengikuti orientasi karyawan sangat perlu untuk mengetahui pola kerja dan budaya yang dimiliki perusahaan. (siker)

siker.id - Sebagai karyawan baru di perusahaan idaman, tentu Anda harus mempersiapkan diri. Setiap perusahaan biasanya memiliki sebuah program perkenalan untuk karyawan baru yang disebut orientasi karyawan. Dalam masa orientasi tersebut, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru, lingkungan kerja baru, atau suasana yang mungkin belum pernah Anda alami sama sekali sebelumnya. Agar Anda sukses menghadapi orientasi karyawan baru, berikut tips melewati masa orientasi ini!

Baca juga: 8 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Karyawan Baru

1. Pastikan Kelengkapan Orientasi Karyawan

Tidak ada salahnya menghubungi perusahaan beberapa hari sebelum orientasi karyawan dimulai dan bertanya apakah ada hal yang spesifik yang perlu dibawa dan dipelajari. Jika Anda diberikan pengantar, pastikan untuk menganggapnya serius. Dengan begitu, tidak akan ada kesalahan pada hari H orientasi.

2. Berpakaian Rapi

Penampilan di dunia kerja erat dikaitkan dengan pakaian yang rapi. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang formal kecuali jika Anda telah diberi instruksi mengenai pakaian yang terperinci. Jika masih ragu, gunakan pakaian yang Anda kenakan saat menghadiri sesi interview. Apabila jadwal orientasi karyawan menuntut untuk berdiri sepanjang hari, gunakanlah sepatu yang nyaman.

3. Tunjukkan Anda Karyawan yang Menghargai Waktu

Datang ke tempat kerja lebih awal adalah hal wajib yang harus Anda lakukan pada masa orientasi karyawan baru. Lebih baik lagi jika Anda datang 30 menit sebelumnya sehingga Anda mempunyai waktu luang untuk memperhatikan lingkungan kerja. Datang lebih awal juga akan membuat Anda lebih menghargai waktu. Jika Anda telah terbiasa datang lebih awal pada masa orientasi karyawan, Anda akan terbiasa melakukannya. Hal ini tentu akan berdampak positif pada penilaian atasan terhadap kinerja Anda.

Baca juga: Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

4. Motivasi Kerja Tinggi Terlihat Dari Ekspresi Wajah

Sebelum Anda ke tempat kerja, perhatikan ekspresi wajah Anda di cermin. Pilih ekspresi wajah yang sesuai untuk bertemu orang-orang baru, seperti senyum, raut muka dan sikap tubuh saat akan berkenalan dengan karyawan atau staf lainnya. Tentu setiap orang senang bekerja dengan karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi. Nah, motivasi Anda tampak dari ekspresi wajah yang antusias.

5. Bawa Identitas Diri

Pada hari pertama orientasi karyawan, biasanya Anda diminta untuk mengisi berbagai formulir untuk kepentingan data karyawan. Pastikan Anda membawa identitas diri yang diperlukan, seperti KTP, kartu NPWP, hingga kartu BPJS. Anda juga dapat membawa buku tabungan sehingga perusahaan dapat mengatur perihal gajimu.

6. Bawa Alat Tulis

Tips terakhir orientasi karyawan yang perlu diketahui adalah untuk selalu sediakan alat tulis. Sebab, Anda nanti harus mencatat banyak penting selama orientasi berlangsung. Catatan ini nantinya akan membantu Anda untuk mengingat kembali materi-materi yang didapatkan selama masa orientasi.

Sekian artikel tentang tips orientasi karyawan baru. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Kiat Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru !


Editor: Theo Adi -

     

Komentar