icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lakukan Hal Ini Untuk Memperkuat Hubungan Interpersonal
Siker.id | 24 Feb 2023 10:00


Bagikan ke
Ilustrasi Hubungan Interpersonal (siker.id/dok. Canva)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Hubungan yang terjadi oleh interaksi yang dilakukan oleh suatu individu dengan individu lain dalam segala situasi dalam semua bidang kehidupan disebut dengan hubungan interpersonal. Salah satu contohnya adalah hubungan kerja secara profesional, di mana orang-orang bekerja di bawah perusahaan tersebut memiliki kepentingan yang sama, sehingga terjadilah komunikasi antar dua arah. Untuk memperkuat hubungan interpersonal, lakukanlah hal-hal berikut ini:

Baca juga: Tips Agar Kamu Tetap Produktif

1. Menjalin hubungan yang baik

Keterampilan interpersonal sangat bermanfaat di tempat kerja, dikarenakan struktur organisasi yang ada diperusahaan biasanya jelas dan disusun dalam bentuk tim dan departemen. Oleh karena itu, pahami cara menjalin relasi yang baik dengan rekan kerja, atasan, klien, dan rekan bisnis bisa dilakukan dengan mengajak menghadiri berbagai acara, misalnya: bazar, kegiatan amal, konser, atau sesederhana makan bersama.

2. Bersikap dengan baik

Saat baru sampai disuatu tempat, biasakan untuk menyapa orang-orang yang sudah ada ditempat tersebut. Jika berpapasan disuatu tempat atau saat mengambil minuman, sempatkan mengobrol sejenak untuk berbasa-basi. Cara tersebut akan membantu untuk mempererat hubungan. Hindari dan jangan bergosip karena membicarakan hal-hal negatif tentang orang lain adalah hal yang tidak sopan dan akan merusak hubungan jika gosip itu terdengar oleh yang bersangkutan.

3. Mengatasi konflik

Jika terdapat konflik, selesaikanlah secara sehat. Selesaikan masalah secara pribadi dengan orang yang terlibat. Ajaklah ia berdiskusi tanpa menilai dan ajukan pertanyaan dengan berusaha memahami penjelasan yang disampaikan untuk menemukan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Terapkan Kemampuan Berpikir Mandiri

4. Membangun relasi luas

Bangunlah relasi yang luas dengan orang-orang di dalam dan di luar organisasi. Diskusikan berbagai hal tentang pekerjaan dan ceritakan kesamaan atau pikirkan untuk saling membantu. Bertukar informasi kontak saat pertama kali bertemu mungkin terasa kurang nyaman. Oleh karena itu bisa dilakukan dengan bertukar kartu nama yang mencantumkan informasi mendetail membuat interaksi terasa lebih mudah.

5. Pelajari cara menjadi pemimpin

Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dapat memengaruhi orang lain terutama untuk mengambil keputusan. Untuk mengembangkan kepemimpinan bisa dilakukan dengan memperhatikan cara atasan memimpin tim di tempat kerja. Carilah hal positif yang bisa diterapkan. Berlatihlah memimpin diskusi kelompok kecil dengan mengajukan pertanyaan kepada anggota kelompok dan memberikan kesempatan berbicara kepada anggota yang pendiam agar mereka mau memberikan pendapat. Belajarlah mengendalikan diri agar selalu bersikap positif saat menghadapi kesulitan dan tetap tenang ketika mengalami krisis. Jangan membicarakan masalah di depan orang lain.

Sekian artikel mengenai cara meningkatkan hubungan interpersonal. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Milenial Harus Punya Side Hutsle? Apa itu?


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

TAG :

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian