icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Hal Wajib Sebelum Mulai Kerja Freelance
Siker.id | 23 Feb 2023 09:45


Bagikan ke
Ilustrasi Freelance (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Freelance merupakan pekerjaan yang penghasilannya didapatkan dari pekerjaan berbasis proyek atau per tugas yang biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang pendek. Freelancer disebut sebagai individu yang melakukan freelance yang artinya pekerja independen (lepas, bebas, tidak terikat) karena bukan karyawan suatu perusahaan tertentu sehingga bebas untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dari beberapa klien secara bersamaan tergantung perjanjian yang disepakati. Sebelum memulai karir menjadi freelancer, pastikan kamu sudah memiliki hal-hal dibawah ini:

Baca juga: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

1. Portofolio

Dengan memiliki portofolio, kamu akan lebih dilirik oleh calon klien. Buatlah portofolio untuk menunjukan skill yang akan ditawarkan. Portofolio juga bisa dilengkapi dengan daftar klien atau project yang sudah pernah dilakukan, kelebihan kelemahan ataupun testimoni.

2. Mencari target klien

Langakh pertama untuk mencari klien adalah kamu harus tau skill apa yang ingin kamu tawarkan. Setelah itu, cari tau gambaran klien yang akan membutuhkan skillmu. Lihatlah karakteristiknya seperti apa dan apa yang sekiranya bisa kamu lakukan. Sehingga untuk mencari klien, bukan hanya skill yang dibutuhkan namun sasaran klien juga perlu dipertimbangkan.

3. Pengetahuan soal lisensi

Pastikan untuk selau memperhatikan lisensi. Jika kamu seorang desain grafis, jangan asal pakai gambar atau font, perhatikan perizinannya apakah boleh digunakan untuk penggunaan komersil atau tidak. Jika kamu melewatkan hal ini, klienmu yang akan mendapat masalahnya.

Baca juga: 5 Tips Berani Berkata Tidak!

4. Patuh administrasi

Meskipun kamu kerja sendiri dan tidak ada peraturan yang mengikat, kamu juga tetap harus professional. Buatlah kontrak kerja, rate card atau invoice. Selain terlihat professional, kerjaan kalian akan terlihat lebih rapih dan meyakinkan

5. Menggunakan platform pembayaran international

Bukan hal yang tidak mungkin kamu akan mendapat klien dari luar negeri. Platform pembayaran luar negeri yang umumnya dipakai yaitu PayPal. Sebelum membuat akun PayPal, pahami dulu fitur-fiturnya, tax atau tarifnya. Selain PayPal terdapat opsi lain seperti Skrill atau Amazon Payment.

Menjadi seorang freelancer bukan berarti kamu bisa bebas dari system dan aturan. Kedua hal itu perlu diterapkan agar kamu bisa survive dan menghindari resiko kehilangan klien. Sekian artikel mengenai freelance. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Produktif Malah Jadi Toxic? Kok Bisa?


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar