icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Simak ! Manfaat Minum Kopi Sebelum Bekerja
Siker.id | 29 Nov 2021 19:15


Bagikan ke

siker.id - Ternyata meminum kopi sebelum bekerja memberikan banyak manfaat bagi kita. Apalagi bagi kalian yang tingkat tekanan pekerjaan cukup tinggi, kopi bisa menjadi solusi jitu.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, kafein pada kopi memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Sebuah penelitian lain juga menyebut bahwa kopi tidak memiliki dampak pada kinerja otak, terutama pada memori. Namun, segelas kopi di pagi hari diketahui bisa membantu menjaga suasana hati tetap baik dan terhindar dari stres.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Beban Kerja Berlebihan di Kantor?

Banyak yang mengatakan bahwa minum kopi dapat membantu seseorang saat bekerja. Bahkan, di kantor pun pasti tersedia stok kopi beserta ruangan untuk menyeduh kopi. Tidak heran para pekerja menggandrungi kopi, karena ternyata kopi memiliki manfaat bagi para pekerja.

Bagi kalian yang penasaran tentang manfaat minum kopi sebelum bekerja, simak informasi berikut ini

1.Menjaga Stamina

Kopi dengan rasa dan aroma terbaik bisa membantu meningkatkan pasokan adrenalin dalam darah. Jadi mengapa kamu bisa bersemangat lagi setelah ngopi? Ya karena adrenalin yang bertambah di dalam aliran darah.

2. Meningkatkan konsentrasi

Menyelesaikan berbagai pekerjaan di kantor tentunya membutuhkan konsentrasi yang cukup. Kejenuhan dan banyak faktor lain di luar kantor terkadang membuat konsentrasi kita menurun. Untuk meningkatkan konsentrasi, maka yang kamu butuhkan hanyalah secangkir kopi. Pekerja yang melibatkan pikiran dalam bekerja seperti pengarang dan pelajar tentunya membutuhkan secangkir kopi untuk menuntaskan pekerjaannya. Jadi, ketika konsentrasimu mulai menurun sementara pekerjaanmu masih banyak, segeralah ambil secangkir kopi kesukaanmu dan konsentrasimu akan kembali.

3. Menahan Kantuk

Agar tetap terjaga saat deadline, tentunya kamu membutuhkan stamina. Salah satu cara menambah dan mempertahankan stamina bagi para pekerja yaitu dengan mengonsumsi kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu kamu tetap terjaga tanpa rasa kantuk.

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa mengonsumsi kopi, tentu akan merasakan kondisi tubuh yang sangat lemah setelah kafein masuk dalam tubuh. Maka sebaiknya, kamu perlu mencari kopi alami yang lebih aman untuk kesehatan.

Baca juga: Simak, Yuk ! Tips Mengerjakan Tes Wartegg

4. Mencegah Stres

Minum kopi sebelum kerja saat deadline sedang banyak-banyaknya, bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Pasalnya, kopi memiliki kandungan antidepresan serta bisa menjaga mood alias suasana hati lebih seimbang. Stres tidak hanya akan mengganggu konsentrasi kerja, tapi juga aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas. Selain itu stres bisa berdampak dalam jangka panjang, termasuk memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup pengidapnya.

5.Mengurangi Rasa Sakit

Bagi mereka yang bekerja di lapangan dengan mengandalkan kekuatan fisik, biasanya akan terasa sedikit sakit atau pegal-pegal setelah selesai bekerja. Untuk mengurangi rasa sakit, kamu dapat mengonsumsi kopi.

Dua gelas kopi ternyata mampu menghilangkan rasa sakit pada otot tubuh sebanyak 40 persen. Maka tidak heran jika para pekerja lapangan membutuhkan jumlah kopi yang lebih banyak dibandingkan mereka yang hanya duduk saat bekerja.

6.Mengurangi Risiko Encok

Rasa encok pada tubuh biasanya terjadi ketika duduk terlalu lama saat bekerja atau bekerja dengan mengandalkan fisik di lapangan. Untuk mengurangi risiko encok, dianjurkan untuk mengonsumsi kopi.

Sebuah penelitian terhadap 50 ribu orang pria di dunia yang mengalami encok menemukan bahwa, bagi mereka yang mengonsumsi kopi, angka pengurangan risiko encok lebih besar daripada yang tidak mengonsumsi kopi. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih jantung untuk membuktikan hal tersebut.

Baca juga: Berikut Ini Rutinitas Pagi Yang Memberi Semangat Kerja


Editor: Bagus -

     

Komentar