icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan?
Siker.id | 29 Nov 2021 18:45


Bagikan ke
Kebiasaan menunda pekerjaan ternyata tidak baik dan bisa menurunkan produktivitas kerja yang sudah terbangun. (siker)

siker.id - Menunda pekerjaan adalah salah satu hal yang mungkin hampir semua orang pernah melakukannya. Walaupun itu hanya satu kali saja seumur hidup. Contoh, ketika mendapatkan tugas dari kantor, biasanya kita akan mengumpulkan sebelum tenggat waktu dari atasan. Akan tetapi, ada juga yang memang suka dan mempunyai kebiasaan menunda pekerjaan. Nyatanya, kebiasaan tersebut bukanlah hal yang baik untuk dibiarkan saja. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Bahkan kebiasaan menunda pekerjaan juga bisa berdampak buruk pada kesehatan loh. Berikut tips menghilangkan sikap menunda pekerjaan agar Anda jauh lebih produktif!

Baca juga: Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan

1. Niat

Tanpa ada niat, Anda akan sulit merubah diri sendiri. Kebiasaan menunda tidak dapat diselesaikan dengan solusi dari luar, jika diri Anda tidak berniat untuk menghindari menunda pekerjaan. Mungkin di tengah-tengah proses perbaikan diri sendiri, akan terjadi penolakan dari diri Anda, karena menunda tidak selalu membuat Anda merasa rugi, hanya saja saat mendekati deadline akan selalu terburu-buru dan selama ini tidak pernah terlambat. Namun Anda tahu, jika tidak menunda, Anda memiliki hidup yang lebih produktif.

2. Buat Jadwal Tertulis

Mungkin bagi Anda hal ini tidak penting, tapi membuat jadwal berperan penting untuk Anda yang suka menunda. Dengan ini, Anda bisa melihat timeline kerja secara keseluruhan, tidak terpaku pada satu hari. Sebaiknya Anda mempunyai kalender bulanan di meja, dan menuliskan pekerjaan di kalender tersebut, sehingga setiap Anda melihatnya akan terus teringat akan pekerjaan Anda.

3. Buat Deadline “Palsu”

Jika deadline sebenarnya merupakan tanggal 20, maka tulis di kalendermu menjadi tanggal 17. Apa gunanya? Dengan majunya deadline, seharusnya Anda terdorong untuk melakukan pekerjaan tersebut. Salah satu penyebab menunda pekerjaan adalah waktu deadline yang lama, sehingga Anda merasa memiliki banyak waktu sebelum mengerjakan hal tersebut. Tujuan memajukan tanggal deadline bukan untuk mengelabui kamu, tapi sebagai tindakan prefentif, jika tiba-tiba ada pekerjaan dari atasan yang tidak terduga.

4. Mengelola Waktu Dengan Baik

Cara lain supaya Anda bisa mengatasi sifat suka menunda pekerjaan adalah mengelola waktu dengan baik. Manajemen waktu yang buruk tidak jarang menjadi salah satu penyebab mengapa Anda terbiasa menumpuk pekerjaan. Memang tidak semua metode mengelola waktu akan membantu Anda mengatasi kebiasaan buruk ini. Oleh sebab itu pengelolaan waktu yang efisien dan baik dan sesuai dengan kemampuan Anda akan membantu mengusir rasa malas dan rasa menunda pekerjaan.

Baca juga: Ingin Bertahan dari Tekanan Pekerjaan? Lakukan Cara Ini

5. Mencari Alasan Agar Termotivasi

Mencari alasan agar Anda termotivasi ternyata menjadi salah satu cara mengatasi sifat suka menunda pekerjaan. Anda dapat mencari sebuah alasan yang memotivasi diri dan mencapai pada pikiran yang positif, produktif, dan berharap hasilnya memuaskan. Biasanya, alasan yang memotivasi akan berbeda dengan mengerjakan tugas karena takut gagal.

6. Realistis

Menjadi realistis saat mengerjakan sesuatu ternyata juga bisa menjadi cara mengatasi sifat suka menunda pekerjaan. Berharap segalanya sempurna memang baik, tetapi terlalu berharap ternyata tidak jarang membuat seseorang menunggu semuanya sempurna untuk melanjutkan. Jika tidak sempurna, keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut menjadi berkurang dan tidak selesai. Oleh karena itu, menjadi realistis setidaknya dapat membuat Anda lebih fokus untuk menjadi lebih baik dibandingkan sempurna.

7. Atur Skala Prioritas Untuk Pekerjaan

Penyebab yang paling umum dirasakan pada orang-orang yang gemar menunda pekerjaan adalah mereka sering kebingungan dalam menetapkan prioritas. Ketidaktahuan tersebut yang akhirnya membuat banyak pekerjaan menjadi tertunda dan tidak selesai di waktu yang telah ditentukan. Perlu kamu ketahui, bahwa ternyata tidak hanya kebutuhan saja yang perlu memiliki skala prioritas. Dalam mengerjakan pekerjaan, Anda juga perlu skala prioritas. Jadi, dengan cara menerapkan skala prioritas, Anda akan lebih mudah memilih pekerjaan mana yang perlu diutamakan dan mana saja yang bisa dikerjakan belakangan.

8. Istirahat yang Cukup

Perlu Anda tahu bahwa istirahat yang cukup mampu membuat pikiran menjadi lebih segar tanpa adanya beban. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kualitas tidur seseorang akan berdampak besar terhadap produktivitas seseorang. Termasuk juga suasana pikiran dan juga batin. Jika Anda terlalu lelah dan penat karena kurang waktu istirahat atau bahkan terlalu banyak begadang. Maka hal itu akan membuat Anda merasa sulit fokus pada keesokan harinya.

Sekian artikel tentang cara mengatasi rasa menunda pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mengatasi Atasan Memberi Pekerjaan Diluar Job Desc


Editor: Theo Adi -

     

Komentar