icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 8 Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan
Siker.id | 29 Nov 2021 15:45


Bagikan ke
Loyalitas seorang karyawan ternyata bisa ditingkatkan jika perusahaan tahu cara memberi suatu hal yang mampu memotivasi mereka. (siker)

siker.id - Besarnya sebuah perusahaan tak terlepas dari loyalitas karyawan yang bekerja keras di dalamnya. Mereka tak segan memberikan waktu lebih untuk bekerja (lembur) hingga bersedia bekerja dengan upah yang dibilang pas-pasan saat perusahaan masih baru berkembang. Namun, tak sedikit perusahaan yang saat ini seolah tak terlalu mempedulikan sepak terjang seorang karyawannya sehingga akhirnya ia pun kehilangan talenta terbaiknya. Lalu bagaimana caranya meningkatkan loyalitas pada diri karyawan agar tetap bertahan lama? Berikut tipsnya!

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

1. Memberikan Hak Karyawan Dengan Baik

Karyawan direkrut untuk bekerja. Akan tetapi, kewajiban tersebut harus seimbang dengan hak-hak mereka. Hak-hak tersebut antara lain:

• Gaji

• Tunjangan kesehatan

• Pelatihan

• Fasilitas kerja

• Kesejahteraan keluarga

• Jaminan sosial tenaga kerja

• Keamanan

• Tunjangan hari raya

Hak-hak di atas tentunya harus diberikan secara profesional agar karyawan Anda tidak pindah kerja. Jika hak-haknya sudah diberikan, karyawan akan fokus kepada kewajibannya saja tanpa direpotkan memikirkan hal-hal lain yang mengganggu. Bagaimana jika hak-hak karyawan tidak diberikan secara baik? Anda jangan mengharapkan kinerja mereka akan baik karena mereka akan terdemotivasi atau menuntut hak-haknya.

2. Menerapkan Penilaian Kinerja yang Efektif

Cara lain untuk meningkatkan loyalitas karyawan adalah menerapkan penilaian kinerja yang efektif. Penilaian seperti ini dilakukan secara fair dan objektif. Fair berarti Anda menilai berdasarkan standar yang telah disepakati, sedangkan objektif berarti menilai berdasarkan pencapaian kinerja, bukan berdasarkan suka atau tidak suka.

3. Menumbuhkan Rasa Percaya Pada Pemimpin

Untuk bisa membuat karyawan loyal, maka perusahaan harus lebih dulu bisa menumbuhkan rasa percaya mereka terhadap pemimpin perusahaan. Karyawan akan cenderung loyal terhadap perusahaan yang memiliki pemimpin berkompeten di bidangnya. Agar bisa memupuk kepercayaan tersebut, maka Anda perlu mencari pemimpin perusahaan yang tahu akan potensi dirinya, sudah mengikuti banyak pelatihan dan punya visi-misi yang searah dengan perusahaan.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjadi Karyawan Teladan

4. Ciptakan Manajemen SDM yang Baik

Manajemen SDM yang buruk juga menjadi faktor pendukung mengapa banyak karyawan yang tak betah bekerja di sebuah perusahaan. Padahal, bila perusahaan tak melakukan manajemen SDM yang baik maka perusahaan bisa tertinggal dari pesaing. Manajemen SDM biasanya dilakukan perusahaan dengan memberikan pelatihan khusus kepada karyawan agar dapat meningkatkan mutu karyawan di perusahaan itu sendiri.

5. Berikan Kendali Pekerjaan Pada Karyawan

Ada beberapa bagian pekerjaan dalam perusahaan yang tak mengharuskan karyawannya berada di kantor selama 8 jam. Beberapa divisi itu seperti media sosial, content writer, marketing, atau sales. Dengan itu cukup berikan kepercayaan kepada mereka dalam mengelola pekerjaan mereka sendiri. Di sisi lain, perusahaan dapat mengevaluasi hasil kerjanya dalam tiga bulan bila seandainya memang tak memuaskan.

6. Membuat Suasana Kerja Nyaman

Jika kebanyakan karyawan ditanya, “Apa yang membuat Anda betah bekerja di perusahaan ini?”, jawaban yang paling sering disebut adalah suasana kerja yang nyaman. Ini tidak bisa dipungkiri. Suasana kerja yang nyaman, tidak hanya dibuat dengan kantor yang ber-AC, fasilitas komputer canggih, internet yang kencang, tapi lebih ke arah hubungan antara teman sekerja di perusahaan itu. Usahakan membuat suasana kekeluargaan yang akrab tetapi tetap memiliki etos kerja yang bagus.

7. Memberikan Jenjang Karir yang Jelas

Banyak karyawan yang berhenti dari sebuah perusahaan dikarenakan posisi mereka di perusahaan tidak bisa naik lagi ke level berikutnya. Ada juga yang dikarenakan perusahaan tempat bekerja tidak memiliki jenjang karir yang jelas. Jika perusahaan mau berkembang maju, pihak manajemen harus memberikan jenjang karir yang jelas. Ini memberikan motivasi tersendiri bagi karyawan untuk meningkatkan potensi mencapai level yang lebih tinggi lagi.

8. Keseimbangan Antara Dunia Kerja dan Keluarga

Terlalu sibuk bekerja mengejar karir akan membuat karyawan tidak punya banyak waktu dengan keluarga. Jadi pihak perusahaan harus tetap mendorong para karyawan supaya tetap mempunyai waktu berkualitas dengan keluarga mereka. Karena tak bisa dipungkiri, biasanya alasan utama seseorang bekerja adalah memenuhi kebutuhan keluarga. Berikan pengertian kepada karyawan supaya kehidupan mereka tetap seimbang di rumah dan di kantor.

Sekian artikel tentang cara meningkatkan loyalitas karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Yang Dicari Perusahaan Saat Merekrut Karyawan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar