icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Beberapa Tips Supaya Datang Tepat Waktu
Siker.id | 28 Nov 2021 16:30


Bagikan ke
Datang tepat waktu adalah tanda bahwa Anda mampu memaksimalkan waktu yang ada. (siker)

siker.id - Datang tepat waktu (on time) adalah salah satu kebiasaan karyawan yang sukses. Sayangnya, kebiasaan baik ini sulit dimiliki sebagian karyawan. Mengapa demikian? Jawaban yang realistis adalah bahwa terlambat sangat umum sehingga butuh waktu untuk berubah. Jika Anda terbiasa terlambat dating ke tempat kerja, beberapa tips ini dapat membantu Anda datang tepat waktu.

Baca juga: Berikut Ini Tips Tetap Tenang Setelah Dimarahin Atasan

1. Pergi 10 Menit Lebih Awal

Cara pertama adalah pergi 10 menit lebih awal. Untuk menerapkan cara ini, Anda perlu mengevaluasi waktu pergi Anda terlebih dahulu. Contoh jika Anda terlambat datang masuk kerja pada jam 7 pagi karena Anda pergi dari rumah jam 06:45, maka yang perlu Anda lakukan adalah pergi dari rumah jam 06:30 (10 menit lebih awal dari biasanya).

2. Catat Jadwal Rapat atau Pertemuan

Cara berikutnya adalah dengan mencatat semua jadwal rapat atau pertemuan yang Anda miliki di buku harian atau catatan Anda. Setelah itu, baca buku harian atau catatan itu minimal sekali sehari sehingga membantu Anda mengingat semua jadwal rapat dan pertemuan yang harus Anda hadiri. Anda juga bisa menulis jadwal rapat atau pertemuan di sticky paper yang bisa ditempelkan di dinding atau komputer Anda. Bisa juga menuliskannya di papan tulis yang ada di ruang kerja Anda.

3. Jangan Tidur Kemalaman

Menonton siaran langsung sepakbola Premiere League memang menyenangkan, tetapi ada resikonya. Perbedaan waktu antara Indonesia dan Eropa bisa memaksa seseorang belum tidur bahkan sampai dini hari. Hasilnya, ritme tidur akan terganggu dan jam tidur berkurang dan kita akan susah bangun pagi harinya. Seberapapun menariknya siaran televisi, tetaplah tidur sesuai jadwal biasa.

Baca juga: Berikut Tips Memilih Pakaian Saat Kerja

4. Nyalakan Alarm

Pastikan alarm menyala pada waktu yang biasa atau sudah ditentukan. Dengan begitu, suka atau tidak suka kita akan dipaksa untuk bangun. Kalau perlu set volume pada level tertinggi untuk memastikan kita “terganggu” dan bangun

5. Beritahu Anggota Keluarga Lain

Ingatkan anggota keluarga dan mintalah mereka membangunkan Anda pada jam tertentu. Namun, jangan lupa tetap pasang alarm juga. Dengan begitu kalau alarm gagal membangunkan Anda, ada cadangan yang akan melakukannya.

6. Minta Diingatkan Rekan Kerja

Anda juga dapat meminta bantu teman untuk mengingatkan tentang pertemuan atau janji dengan seseorang. Jika Anda adalah atasan yang memiliki sekretaris atau asisten, Anda dapat menginstruksikan mereka untuk mengingatkan Anda.

7. Prediksi Waktu Perjalanan

Jika rapat atau rapat tersebut di luar kantor, prediksikan waktu tempuh untuk menuju tempat rapat. Jika Anda masih belum tahu karena mungkin baru saja mengunjungi tempat pertemuan, Google map akan membantu Anda mengenali lokasi tersebut sehingga Anda dapat memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi tersebut.

8. Persiapkan Peralatan yang Mendukung

Ada kalanya penyebab terlambat datang adalah tidak siapnya alat-alat pendukung yang Anda perlukan. Cek kondisi kendaraan Anda sesaat setelah Anda bangun. Dalam hal rapat atau pertemuan, siapkan peralatan yang Anda perlukan (laporan, alat peraga, atau handout materi) sehari sebelumnya. Kebiasaan ini akan memberi Anda waktu yang cukup bila saja ada peralatan yang belum siap.

Sekian artikel tentang tips agar dating tepat waktu. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Sudah Gajian? Berikut Tips Mengelolanya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar