icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri di Kantor?
Siker.id | 27 Nov 2021 20:00


Bagikan ke
Rasa [ercaya diri itu perlu apalagi di kantor, karena dengan adanya percaya diri semua tantangan selama kerja bisa teratasi dengan baik. (siker)

siker.id - Salah satu faktor penghambat kemajuan seorang karyawan adalah rendahnya rasa percaya diri. Bentuknya bisa berupa keenganan memimpin rapat, grogi saat presentasi, malu bertemu atasan, atau memilih tugas dan tanggung jawab yang gampang. Apakah Anda termasuk karyawan yang seperti itu? Jika ya, jangan khawatir. Berikut tips yang bisa membantu meningkatkan percaya diri Anda.

Baca juga: Apa Saja Peraturan dan Syarat Menjadi Karyawan Tetap?

1. Memahami Kelebihan Diri Sendiri

Semua orang pastinya memiliki kelebihan unik pada dirinya masing-masing yang menjadi potensi dan keuntungan besar saat karyawan mampu memahami dan mengembangkan kelebihan diri sendiri. Disaat kelebihan yang unik menjadi dominan pada diri karyawan, semua orang disekitarnya akan lebih respect dan percaya kepada karyawan karena kelebihan tersebut.

2. Berdamai dengan Kekurangan

Di samping kelebihan, pasti ada kekurangan yang selalu mengikutinya dalam kepribadian seseorang. Tidak perlu malu dengan kekurangan diri sendiri. Pahamilah terlebih dahulu kekurangan apa yang ada, kemudian terimalah dan berdamai dengan kekurangan tersebut. Berdamai dengan kekurangan bukan berarti membiarkan kekurangan begitu saja tanpa ada usaha.

3. Fokus Pada Pekerjaan

Anda sebaiknya fokus pada diri sendiri dan tugas yang akan Anda lakukan. Selain itu, Anda juga harus menghindari obrolan ringan (gosip) di sekitar kantor, dan jangan terguncang dengan obrolan ringan. Saat Anda bekerja dengan baik, kepercayaan diri Anda pada diri sendiri akan muncul. dan pekerjaan Anda akan selesai dengan baik.

4. Ikuti Aktivitas Perusahaan

Tentunya tindakan konkret harus dilakukan untuk mengatasi rasa kurang percaya diri. Misalnya mengikuti acara yang diselenggarakan oleh perusahaan. Sebagian besar perusahaan biasanya menyelenggarakan acara untuk membantu meningkatkan kohesi antar karyawan. Kegiatannya sendiri akan berbeda, seperti bersepeda, golf, sepak bola atau keluar jalan – jalan. Dalam hal ini, Anda akan bisa bersosialisasi dengan karyawan lain. Jadikan kolega Anda semakin banyak.

5. Ikuti Aturan Perusahaan

Jika rasa percaya diri Anda karena Anda sering melanggar aturan perusaahan, maka cara mudahnya adalah dengan menaati aturan tersebut. Jangan bentengi diri Anda dengan alasan-alasan tertentu karena aturan perusahaan umumnya sudah disepakati antara manajemen perusahaan dengan serikat karyawan.

Baca juga: Berikut Alasan Banyaknya Karyawan Memilih Resign

6. Jalin Networking Dengan Teman di Luar Perusahaan

Menjalin hubungan baik dengan teman seprofesi di luar perusahaan Anda bekerja sekarang (networking) sangat penting bagi Anda. Supaya networking ini efektif, rumus sederhananya adalah memberi sebelum menerima.

7. Kenakan Pakaian yang Menarik dan Nyaman

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pakaian mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Meskipun tidak langsung terkait dengan kemampuan, pakaian yang menarik akan mempengaruhi citra diri seseorang di depan publik. Tidak perlu selalu mengenakan pakaian yang mahal dari merk terkenal. Cukup kenakan pakaian menarik yang menurut Anda nyaman dan mencerminkan kepribadian.

8. Berbicara Secara Positif

Untuk berbicara dengan positif, pikirkan tentang bagaimana Anda akan membujuk atau memotivasi orang lain. Bicara positif bukan berarti selalu berbicara dengan mengabaikan kondisi di sekitar. Idealnya, pembicaraan yang positif mengandung sudut pandang yang masuk akal sesuai logika namun dapat membangun di tengah situasi sulit sekali pun.

Sekian artikel tentang cara menjadi karyawan yang percaya diri. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Lebih Baik Daripada Wiraswasta


Editor: Theo Adi -

     

Komentar