icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Sukses Dapat Kerja via Job Fair? Ikuti Tips Ini!
Siker.id | 27 Nov 2021 16:00


Bagikan ke
Banyak yang bingung mengatur strategi dalam mencari kerja via job fair. (siker)

siker.id - Anda baru lulus kuliah dan berencana ikut job fair? Pilihan Anda tepat! Job fair memang merupakan salah satu metode efektif untuk mencari kerja. Dengan mendaftar di ajang tersebut, Anda bisa menemukan berbagai lowongan kerja dari macam perusahaan. Anda tidak perlu capek-capek melamar langsung ke kantornya atau kirim via pos. Yang perlu Anda perhatikan, pastikan Anda persiapkan dengan matang. Berikut ini beberapa tips sukses mencari kerja di job fair.

Baca juga: Tips Memulai Usaha agar Tidak Bangkrut

1. Ketahui Dulu Perusahaan Incaran

Tips pertama untuk sukses melamar kerja di job fair adalah Anda harus mengetahui terlebih dulu perusahaan apa saja yang akan hadir dalam job fair tersebut. Dalam mencari pekerjaan tentunya kita tidak bisa sembarangan. Harus melamar pekerjaan di perusahaan yang memang membutuhkan kemampuan kita. Meskipun memang ada banyak pekerjaan yang umum dan mau menerima lulusan dari jurusan apapun. Tapi, ada baiknya kamu tetap selektif dalam memilih pekerjaan.

2. Ketahui Lowongan Pekerjaan yang Available

Tips selanjutnya tentunya adalah mencari tahu lowongan pekerjaan apa saja yang available di perusahaan incaran yang hadir di job fair. Melamar pekerjaan tentunya membutuhkan persiapan. Apalagi jika perusahaan tersebut mengadakan walk in interview, Anda juga pastinya harus menyiapkan berbagai pertanyaan yang mungkin ditanyakan. Pertanyaan-pertanyaan ini tentunya akan ada yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

3. Jaga Penampilan

Saat mengunjungi job fair, Anda pasti harus rela dan berjuang berdesak-desakan dengan ribuan pencari kerja lainnya. Sebagai pencari kerja, pasti sudah menjadi hal yang wajib untuk mempersiapkan penampilan dengan maksimal dari rumah. Namun, pada saat prakteknya di lapangan, ada beberapa orang yang sudah tidak memperhatikan penampilannya lagi. Jadi pastikan Anda tetap bisa menjaga penampilan tetap rapih dari awal kedatangan hingga akhir mengunjungi job fair tersebut. perusahaan tersebut. Jadi, usahakan sebaik mungkin untuk tetap menjaga penampilan. Tak perlu gunakan heels atau pakaian yang terlalu membuat Anda kesulitan sendiri. Namun, gunakan pakaian nyaman namun rapih.

4. Persiapkan Cover Letter Berbagai Versi

Kebanyakan orang pasti akan melamar kerja untuk beberapa posisi saat mengunjungi job fair. Agar cover letter Anda dilirik oleh perusahaan, pastikan Anda sudah menyiapkan dan membawa cover letter dengan berbagai versi yang berhubungan dengan posisi yang Anda akan lamar.

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Bisa Diterima Magang

5. Tentukan Rute Paling Efektif

Tips melamar kerja di job fair selanjutnya adalah menentukan rute yang paling efektif. Dalam sebuah acara job fair, Anda akan bertemu dengan berbagai stan perusahaan. Anda mungkin akan menghadapi situasi yang amat crowded bersama para job seeker lainnya. Maka dari itu, menentukan rute adalah yang sangat penting. Kamu bisa melihat denah yang biasanya sudah disediakan oleh penyelenggara di pintu masuk. Setelah melihat denah, kamu bisa menentukan urutan stan perusahaan yang akan kamu kunjungi.

6. Tunjukkan Antusiasme Kamu

Tips agar sukses melamar kerja di job fair adalah dengan menunjukkan bahwa Anda antusias. Ketika datang ke job fair, datanglah dengan semangat dan antusiasme yang tinggi. Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan tunjukkan antusiasme kamu pada perekrut. Ketika kamu bertanya pada perekrut tentang perusahaan, dengarkan penjelasannya dengan baik. Menunjukkan antusiasme dan semangatmu akan meninggalkan kesan baik pada perekrut.

7. Pastikan Segala Dokumen Lengkap

Sehari sebelum pelaksanaan job fair, usahakan Anda memeriksa segala dokumen yang hendak dibawa. Mulai dari surat lamaran, resume, ijazah, sertifikat, KTP, foto, dan dokumen penunjang lain. Pastikan semuanya telah lengkap. Susun dokumen Anda secara rapi. Agar tidak berantakan, pasang klip dan masukkan ke dalam map. Dengan begitu, nantinya di lokasi Anda tak perlu bingung lagi untuk menatanya. Tinggal naruh-naruh lamaran saja.

8. Jaga Stamina Tubuh Sebaik Mungkin

Poin terakhir yang tak kalah penting nih, Anda wajib jaga stamina! Biasanya acara job fair itu sangat ramai. Dengan banyaknya perusahaan yang berkonstribusi, maka pelamarnya juga sangat banyak. Bahkan biasanya sampai antri panjang. Tentunya itu bikin suasana jadi gerah dan badan capek. Oleh karenanya, Anda harus mempersiapkan stamina dengan baik. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang cukup untuk menambah energi, dan jangan lupa beristirahat.

Sekian artikel tentang tips mencari kerja via job fair. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Simak ! Tips Melatih Kemampuan Problem Solving


Editor: Theo Adi -

     

Komentar
Pencarian