Minat Jadi Technopreneur? Pelajari Ini!
Siker.id | 24 Oct 2022 13:05


Bagikan ke
Technopreneur (siker)

siker.id – Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat peluang lowongan kerja bidang teknologi banyak bermunculan.

Sebagai contoh, profesi front-end developer, web developer, data scientist, cloud architect, dan lain sebagainya cukup banyak diminati oleh para pencari kerja.

Selain karena menjadi kebutuhan pekerjaan di masa depan, profesi-profesi tersebut dinilai memiliki penghasilan yang lumayan besar.

Untuk itu, pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi kini semakin diminati.

Salah satu profesi yang juga banyak menjadi incaran adalah technopreneur. Apa itu sebenarnya technopreneur?

Dilansir dari laman Niagahoster, technopreneur merupakan seseorang yang mengembangkan usaha berbasis teknologi. Istilah technopreneur berasal dari kata ‘“technology” (teknologi) dan “entrepreneur” (pengusaha).

Secara menyeluruh, pekerjaan tersebut merupakan semacam wirausaha di bidang teknologi.

Proses technopreneurship ini kemudian dianggap sebagai kombinasi dari kemajuan teknologi dan keterampilan kewirausahaan.

Dalam transformasi produk dan layanan, bagian integral dari technopreneur adalah teknologi.

Nah, jika kamu tertarik menjadi seorang technopreneur ada baiknya kamu memahami contoh technopreneur sukses dan tips menjadi seorang technopreneur di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: Kamu Seorang Pengusaha? Kenali 6 Tipe Pembeli Ini!

Contoh Technopreneur Sukses

Berikut beberapa tokoh sukses dalam bidang technopreneur antara lain:

Steve Jobs

Tokoh pertama adalah Steve Jobs. Steve Jobs merupakan mantan CEO Apple Inc.

Produk Apple yang menjadi kelas atas produk smartphone merupakan hasil dari ide kreatif dan kerja keras seorang Steve Jobs.

Elon Musk

Technopreneur kedua adalah Elon Musk. Elon Musk merupakan contoh technopreneur yang popularitasnya cukup tinggi.

Sejak tahun 1995, Elon Musk mulai merintis perusahaan software web Zip2, sampai akhirnya dia menjualnya dan membuat perusahaan teknologi baru, X.com (sekarang PayPal).

Hingga kini, perusahaan teknologi Elon Musk terus bertambah dan makin berkembang. Mulai dari SpaceX, Tesla, Neuralink, dan lain-lain.

Mark Zuckerberg

Technopreneur sukes selanjutnya ialah Mark Zuckerberg.

Sejak kecil, Mark memang sudah menunjukkan ketertarikannya di bidang teknologi. Buktinya, di usia 12 tahun Mark sudah membuat program messaging.

Kemudian pada tahun 2004, inovasi Mark mulai meningkat. Dia membuat website sosial media untuk menghubungkan sesama mahasiswa kampusnya yakni, Harvard.

Sosial media itu ternyata makin berkembang hingga lahirlah Facebook yang kini digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda dari Nol!

Cara Sukses Menjadi Seorang Technopreneur

Bila kamu memang tertarik dan serius merintis karir di bidang ini, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan menurut laman Hashmicro antara lain:

• Mempunyai keterampilan dalam beradaptasi dan menjadi pemecah masalah ketika terjadi suatu masalah yang mengganggu kelancaran bisnis

• Meningkatkan empati dengan memahami masalah yang menjadi keresahan masyarakat sehingga akan muncul peluang bisnis baru yang benar-benar masyarakat butuhkan

• Kemampuan people management, seorang leader harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi baik dalam lingkup internal maupun eksternal perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan

• Kemampuan marketing yang harus sesuai dengan target market bisnis

Nah, itu tadi artikel mengenai technopreneur yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar