Apa itu Pekerjaan Seorang Marketing Analyst?
Siker.id | 21 Oct 2022 15:00


Bagikan ke
Pekerjaan seorang marketing analyst (siker)

siker.id – Perkembangan pesat pada bidang pemasaran kini telah menyediakan berbagai peluang pekerjaan yang bisa dilakukan.

Salah satu pekerjaan yang banyak menjadi incaran adalah pekerjaan seorang analis pemasaran atau dikenal dengan marketing analyst. Sebenaranya apa itu pekerjaan seorang marketing analyst?

Dikutip dari ekrut.com, analis pemasaran merupakan tenaga profesional yang bertugas menganalisis data dalam upaya mendukung pemasaran bisnis.

Sementara dilansir dari Masters in Data Science, analis pemasaran ini ialah para ahli yang bertanggung jawab untuk mempelajari kondisi pasar dengan tujuan menilai potensi penjualan produk dan layanan perusahaan.

Marketing analyst ini harus bisa menganalisis data kualitatif, mengamati tren dan perilaku customer, serta menentukan strategi pemasaran terbaik.

Selain itu, mereka juga menggunakan wawasan dan informasi tertentu untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Nah, apakah kamu tertarik berkarir di bidang ini? Jika tertarik, kamu harus mempelajari tugas dan tanggung jawab serta skill yang dibutuhkan seorang marketing analyst, ya, sobat siker. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Minat Jadi Content Analyst? Pahami Ini!

Tugas & Tanggung Jawab Seorang Marketing Analyst

Dikutip dari laman Learn, berikut beberapa tanggung jawab seorang marketing analyst antara lain:

• Menentukan cara yang efektif untuk mengumpulkan data

• Melakukan penelitian terhadap kompetitor

• Melakukan survei terhadap konsumen dan meneliti demografinya

• Menilai efektivitas strategi pemasaran

• Menafsirkan hasil analisis data

• Mempresentasikan hasil penelitian dalam laporan kepada klien atau manajer perusahaan

• Mengevaluasi kepuasaan pelanggan

• Memprediksi tren penjualan dan pemasaran

Baca Juga: Apa itu Brand Analyst? Begini Penjelasannya!

Skill Seorang Marketing Analyst

Keterampilan dalam Analisis Data

Skill atau keterampilan yang perlu dikuasai oleh seorang analis pemasaran adalah kemampuan dalam melakukan analisis data.

Pasalnya, pekerjaan utama seorang marketing analyst ini nantinya akan berkaitan dengan aktivitas analisis data pemasaran.

Analis pemasaran dapat mengumpulkan data dengan program atau perangkat lunak tertentu.

Contohnya seperti, analisis statistik, database SQL, perangkat lunak, aplikasi pelaporan, aplikasi data, dan lain sebagainya.

Wawasan Bisnis & Pelanggan

Keterampilan selanjutnya adalah memiliki wawasan bisnis dan pelanggan. Sangat penting bagi analis pemasaran untuk memahami psikologi konsumen agar dapat menganalisis data pemasaran.

Terkadang, analis pemasaran juga harus memakai wawasannya untuk memahami fungsi industri dan klien tertentu, termasuk bagaimana membedakan suatu merek dari pesaingnya.

Berpikir Kritis

Keterampilan selanjutnya adalah mampu berfikir kritis. Ya, selain mampu memecahkan masalah analitik, seorang analis pemasaran juga harus berpikir secara kritis.

Berpikir kritis mengenai kepuasan dan tren konsumen diperlukan agar mampu melakukan penggalian lebih dalam.

Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan marketing analyst yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Social Media Analyst


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar