Apa itu Pekerjaan SEM Specialist? Begini Jawabannya!
Siker.id | 19 Oct 2022 14:06


Bagikan ke
Pekerjaan SEM Specialist (siker)

siker.id – Pernahkah kalian mendengar istilah pekerjaan SEM specialist? Apa itu spesialis SEM?

Berbicara mengenai SEM, menurut Glints, SEM atau Search Engine Marketing ialah sebuah taktik marketing di mana para marketer akan mengoptimalisasi dan mengiklankan website mereka agar muncul di halaman teratas mesin pencarian.

Menurut Hubspot, SEM juga dapat dikatakan sebagai bentuk dari internet marketing yang melibatkan promosi dari website itu sendiri dengan meningkatkan visibility dalam search engine results pages (SERPS).

Nah, salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan SEM ini ialah SEM specialist.

Dikutip dari corefreelancers.id SEM Specialist ialah seseorang dengan pemahaman peringkat mesin pencari yang dibutuhkan untuk menyusun strategi yang akan membawa situs website ke peringkat paling atas baik peringkat mesin pencari organik ataupun berbayar.

Dengan melakukan itu, mereka mempromosikan perusahaan dengan menarik banyak pengunjung baru ke situs website, mendorong bisnis yang berulang dan membangun brand identity.

Bila kamu tertarik menjadi seorang SEM specialist, sebaiknya kamu memahami tugas atau pekerjaannya di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Social Media Specialist

Tugas SEM Specialist

Dikutip dari kitapunya.net, berikut beberapa tugas atau pekerjaan seorang SEM specialist antara lain:

Menyusun Strategi Digital Marketing

Tugas pertama seorang SEM specialist adalah menyusun strategi digital marketing. Mereka harus membuat perencanaan bisnis dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital.

Berbeda dengan SEO Specialist yang menekankan pada isi website, SEM Spesialist melakukan optimalisasi iklan berbayar pada IG, FB dan Google.

Seorang SEM Spesialist juga nantinya akan membuat anggaran dan pengelolaan iklan berbayar secara berkala kemudian membuat laporan mengenai efektifitas dari layanan tersebut.

Menentukan Target Pasar

Tugas selanjutnya adalah menentukan target pasar. Ya, SEM specialist mempunyai pekerjaan yang persis dengan SEO specialist yakni, membuat informasi khususnya produk yang ditawarkan perusahaan sampai ke tangan konsumen yang sesuai dengan target yang diharapkan.

Maka dari itu, SEO dan SEM specialist bekerjasama membuat riset mengenai kata kunci (keyword) yang akan digunakan pada materi yang akan dimuat di social media serta website guna mencapai peringkat teratas dalam search engine.

Baca Juga: 3 Tantangan Terbesar Menjadi Seorang Specialist

Mengelola Iklan

Tugas selanjutnya yang juga menjadi ranah SEM specialist adalah mengelola iklan.

SEM Specialist akan bekerjasama dengan divisi desain untuk membuat konsep mengenai iklan yang mengambarkan mengenai brand perusahaan serta produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Mengotimalkan Teknik Digital

Pekerjaan berikutnya adalah bertanggung jawab atas beberapa system digital yang digunakan seperti Search Engine Optimization, Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dan lain sebagainya.

Membuat Campaign untuk Keperluan Perusahaan

Tugas selanjutnya yang juga tak kalah penting ialah membuat campaign terkait dengan segala keperluan perusahaan.

Brand dapat diibaratkan sebagai wajah dari sebuah perusahaan, website ialah media untuk menampilkan identitas, profil dan keunikan dari perusahaan tersebut.

SEM specialist diberikan kewenangan untuk memperkenalkan perusahaan ke khalayak umum melalui berbagai strategi bisnis digital.

Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan SEM Speciaist yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Ingin Jadi KOL Specialist? Pahami Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar