Mengenal Pekerjaan Creative Director
Siker.id | 17 Oct 2022 10:45


Bagikan ke
Mengenal pekerjaan creative director (siker)

siker.id – Di dalam industri kreatif terdapat beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan hal tersebut. Salah satu pekerjaan yang ada adalah direktur kreatif. Apa itu creative director direktur kreatif itu?

Dikutip dari Prospects, creative director merupakan seorang pemimpin sebuah tim kreatif, yang biasanya diisi oleh copywriter, videografer, dan desainer.

Mereka umumnya bekerja di badan periklanan atau dalam tim pemasaran sebuah perusahaan.

Secara umum, mereka bekerja dengan tim yang mereka pimpin untuk membuat, merencanakan, dan memberikan visi strategis.

Seorang creative director bertanggung jawab penuh atas hasil konsep kreatif yang diajukan oleh timnya. Ia bertugas untuk menerima dan membagi beban pekerjaan yang ada, memberikan saran serta membimbing timnya untuk mencapai kualitas yang diharapkan.

Baca Juga: Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Direktur Utama?

Tanggung Jawab Creative Director

Berikut beberapa tanggung jawab yang yang diemban oleh seorang direktur kreatif antara lain:

Mengawasi Pekerjaan Tim

Tanggung jawab pertama seorang direktur kreatif adalah melakukan pengawasan pekerjaan tim. Di lapangan, pertemuan dengan klien kerap terjadi dalam waktu yang amat singkat.

Banyaknya pertemuan ini lantas dapat mengakibatkan banyak hal, mulai dari perubahan ide, pengaturan jadwal, hingga status pengerjaan konsep.

Agar permintaan selesai tepat waktu, direktur kreatif dituntut untuk mampu mengawasi pekerjaan tim yang ia pimpin secara maksimal.

Ia tidak hanya diharuskan untuk mengecek sejauh mana pengerjaan, tapi juga apa yang dihasilkan oleh timnya.

Membuat Konsep Kreatif

Tanggung jawab selanjutnya seorang direktur kreatif ialah membuat konsep kreatif. Proses ini dimulai saat ia melakukan pertemuan dengan klien, entah itu untuk klien di luar perusahaan atau di dalam perusahaan.

Pada pertemuan tersebut, ia akan berunding mengenai apa yang diinginkan dan apa yang bisa dilakukan oleh tim kreatif.

Secara hasil, konsep kreatif bisa berbentuk banyak hal, mulai dari copywriting, video, dan gambar.

Baca Juga: 5 Skill yang Dibutuhkan Assistan Director

Skill Creative Director

Bila kamu ingin menjadi direktur kreatif, kamu harus menguasai beberapa skill di bawah ini antara lain:

Kepemimpinan & Public Speaking

Dua skill ini penting untuk kamu miliki. Pasalnya, dua hal tersebut jadi kunci untuk mendapatkan peran sebagai seorang creative director. Meski secara teknis, ia cocok untuk menduduki posisi tersebut.

Namun, apabila tidak diiringi dengan kemampuan memimpin dan komunikasi, jadinya akan buruk.

Sifat kepemimpinan dibutuhkan karena skill ini akan berkaitan dengan tugas sehari-harinya sebagai pemimpin tim.

Selain itu, untuk menjadi pemimpin yang baik, diperlukan pula kemampuan berbicara di depan umum.

Desain Grafis

Menjadi seorang creative director, kamu harus memiliki kemampuan dalam desain grafis ini.

Kemampuan desain grafis dan pengalamannya di bidang tersebut menjadi syarat mutlak seseorang untuk menjadi creative director.

Memahami Tren

Sebagai seorang direktur kreatif, kamu juga harus memahami tren yang ada. Creative director dituntut untuk memiliki pemahaman terhadap tren terbaru.

Meskipun, kebutuhan akan skill ini tidak terlalu mendalam. Dengan memahami tren, kemungkinan untuk membuat merek atau iklan terdongkrak semakin besar.

Dengan memahami tren pula, anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan pun tidak akan terlalu besar.

Nah, itu tadi artikel mengenai Creative Director yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Profesi Assistant Director


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar