Berminat Menjadi UX Research? Pahami Ini!
Siker.id | 14 Oct 2022 14:02


Bagikan ke
UX Research (siker)

siker.id – Peluang untuk bekerja dalam dunia IT kini sangatlah terbuka lebar. Salah satu pekerjaan yang mungkin bisa kamu coba adalah pekerjaa UX Researcher. Apa itu UX Researcher?

Menurut kitalulus.com, UX researcher ialah seorang yang bertugas melakukan penelitian tentang segala kebutuhan calon pengguna dalam target pasar produk yang akan dikembangkan.

Posisi ini termasuk ke dalam tim desain UX di mana mereka akan membangun sebuah kerangka awal produk yang akan dan sedang dikembangkan.

Sementara menurut ekrut.com, UX Researcher ialah orang-orang yang memiliki sifat empati, terorganisir dan berpikir kritis.

Untuk mendapatkan informasi yang tepat terkait pengguna, UX Researcher akan menggunakan berbagai metode untuk menemukan masalah dari pengguna dan kesempatan seperti apa yang dimiliki sebuah produk untuk menyelesaikannya.

Lantas, apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang UX Researcher? Begini penjelasannya!

Baca Juga: Begini Pekerjaan Seorang System Manager

Skill Seorang UX Researcher

Bila kamu tertarik menjadi seorang UX Researcher kamu harus menguasai beberapa skill di bawah ini:

Memahami Perilaku User

Keterampilan ini sangat penting untuk kamu. Bila kamu mau menjadi UX Researcher, kamu harus bisa memahami perilaku pengguna (user) dan pengetahuan mengenai perilaku manusia.

Seperti contoh, dari segi sosiologi, komunikasi, antropologi, psikologi hingga ilmu informasinya.

Paham Proses Design Thinking

Keterampilan selanjutnya adalah design thinking. Design thinking ialah proses di mana kamu menciptakan sesuatu yang inovatif dan dapat menjadi solusi bagi masalah yang dimiliki pengguna.

Sebagai UX Researcher, penting bagi kamu untuk mengerti proses ini guna menghasilkan produk yang dapat dibutuhkan pengguna.

Melakukan Perencanaan Penelitian

Skill ini juga penting untuk kamu lakukan. Sebelum menjalankan penelitian, penting bagi kamu untuk merencanakan penelitian dengan matang.

Sehingga kamu tahu data apa saja yang perlu dikumpulkan guna mendapatkan hasil sesuai dengan target.

Baca Juga: Mengenal Profesi Manajer Proyek

Mampu Mengolah Data beserta Analisisnya

Hal berikutnya yaitu, mampu mengolah data dan analisisnya. Hasil penelitian dan analisis dari seorang UX Researcher kemudiannya akan diterapkan ke dalam suatu produk yang akan disajikan kepada pengguna.

Itulah kenapa seorang UX Researcher harus mampu menganalisis dan mengolah data dengan baik.

Kompetensi Domain

Skill ini juga tak kalah penting. UX Researcher yang sebaiknya mengetahui produk pesaing beserta user flow-nya. Ini dibutuhkan untuk membantu mengidentifikasi dan memperbaiki kecocokan product-market fit.

Nah, itu tadi artikel mengenai UX Research yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Network Administrator


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar
Pencarian