Begini Pekerjaan Seorang System Manager
Siker.id | 13 Oct 2022 15:33


Bagikan ke
Pekerjaan seorang system manager (Siker)

siker.id – Pada suatu sistem komputer yang dijalankan di perusahaan, biasanya terdapat pihak yang bertanggung jawab yakni, manajer sistem atau system manager. Siapakah dia?

Dikutip dari qwords.com, manajer sistem merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk keberlangsungan sistem komputer yang digunakan di perusahaan.

Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk memastikan proses backup bisa berjalan dengan baik, mengawasi pemasangan, membeli software dan hardware hingga menyediakan infrastruktur teknologi ICT untuk keperluan organisasi.

Selain itu, mereka juga punya kontribusi untuk standar kualitas serta perencanaan strategi di organisasi atau perusahaan. Seorang manager sistem bekerja di semua ukuran organisasi di industri serta sektor pelayanan dalam perusahaan.

Pada umunya mereka akan beroperasi dan bekerja sama dengan teknisi, hardware dan programmer yang selanjutnya melaporkan pekerjaannya ke manajer terkait.

Baca Juga: Tertarik Bidang IT? Begini Profesi Manajer IT!

Tugas Seorang System Manager

Seorang manajer sistem memiliki tugas untuk mengimplementasikan teknologi di struktur organisasi. Selain itu, mereka juga punya kewajiban untuk mengatur kerja dari business analyst, support specialist dan juga computer programmer.

Orang yang memiliki jabatan manajer sistem ini biasanya dipilih karena benar-benar ahli di bidang teknis serta dapat memahami prinsip bisnis serta manajemen dengan baik. Kewajiban untuk peranannya juga bergantung pada perusahaan yang mempekerjakan posisi tersebut.

Baca Juga: Apa itu Manajer Investasi? Begini Penjelasannya!

Lebih rincinya, terdapat tugas-tugas seorang manajer sistem antara lain:

1. Memastikan sistem running dapat berjalan dengan lancar dari sistem ICT seperti email, layanan print dan juga software anti-virus

2. Memastikan software dapat lisensi resmi

3. Mengevaluasi kebutuhan pengguna serta fungsionalitas sistem serta memastikan fasilitas di ICT dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dengan baik

4. Mendevelop, merencanakan dan juga mengimplementasikan sistem keuangan ICT dan mendapat harga kompetitif jika cocok dan memastikan biaya juga efektif di proposal yang sudah diajukan

5. Mereka harus menjadwalkan upgrade dan juga backup keamanan dari software dan sistem hardware yang digunakan perusahaan

6. Mencari kembali sistem dan juga memasang sistem baru yang sudah ditemukan

7. Memastikan jaringan aman untuk digunakan pengguna dari jarak jauh

8. Menjaga keamanan data dari masalah eksternal dan juga internal

9. Menyiapkan user yang mengandalkan support dan juga nasehat yang pas

Nah, itu tadi artikel mengenai system manager yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 5 Skill Utama Seorang Account Manager


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar