Ini Dia Pekerjaan Seorang Sales Counter!
Siker.id | 13 Oct 2022 12:05


Bagikan ke
Pekerjaan seorang sales counter (siker)

siker.id – Pekerjaan sales atau penjualan dalam suatu perusahaan saat ini banyak diminati oleh para pencari kerja. Selain karena persyaratan melamar yang mudah, faktor gaji yang lumayan besar menjadi pemicu banyak pelamar ingin menjadi seorang sales.

Bila kamu memang tertarik pada bidang sales ini, kamu bisa mencoba pekerjaan sales counter. Apa itu sales counter?

Dilansir dari website kitalulus, sales counter merupakan orang yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen agar menarik minat mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.

Profesi sales counter mempunyai tugas untuk menjual dan melayani konsumen yang berkunjung langsung ke konter atau toko.

Sales counter biasanya menjadi posisi yang dibutuhkan oleh dealer motor, gerai makanan cepat saji, toko ritel, dan perusahaan logistik. Tetapi, sekarang hampir di semua lini industri membutuhkan staf ini.

Baca Juga: Ini Dia 4 Skill Sales yang Perlu Kamu Kuasai!

Skill Sales Counter

Jika kamu ingin menjadi seorang sales counter sebaiknya kamu memiliki dan mempelajari keterampilan di bawah ini:

Memahami Produk

Sudah pasti menjadi seorang sales harus memahami produk yang akan ditawarkan di pasaran.

Dalam praktiknya, sales counter akan dituntut untuk menguasai produk, mulai dari update fitur terbaru, keunggulan produk, harga produk, sampai program promosi yang ditawarkan agar bisa mendorong angka penjualan.

Teknik Closing Sales

Keterampilan ini juga penting dimiliki seorang sales counter. Kemampuan ini berkaitan tentang bagaimana para sales counter melakukan closing sales.

Pada dasarnya, closing sales adalah tahap yang memastikan bahwa calon pelanggan mau melakukan pembelian atau tidak.

Kemampuan Komunikasi yang Bagus

Kemampuan yang paling penting dimiliki oleh seorang sales counter ialah komunikasi. Pasalnya, sebagai seorang sales counter, kamu perlu berhubungan langsung dengan konsumen untuk menjelaskan hingga menawarkan produk kepada mereka.

Selain itu, sales counter juga harus mampu menjawab kebutuhan konsumen dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian produk.

Baca Juga: 5 Tips Agar Sales Growth Bisnismu Meningkat!

Memahami Personal Grooming

Menjadi seorang sales counter harus memahami bagaimana cara berpenampilan yang menarik dan berperilaku sopan di hadapan konsumen adalah cara untuk menunjang penjualan.

Secara psikologis, konsumen akan lebih tertarik pada sales counter yang memiliki penampilan rapi, bersih, wangi, dan memiliki keramah tamahan.

Secara tidak langsung, ini adalah bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.

Kemampuan untuk Mencapai Target

Kemampuan ini juga tak kalah penting. Pasalnya, penting bagi sales counter untuk memiliki motivasi tinggi agar bisa melampaui target penjualan yang diberikan.

Untuk mencapai target yang diberikan, maka seorang sales counter harus mempersiapkan strategi penjualan yang cocok untuk diterapkan dalam bidangnya.

Nah, itu tadi artikel mengenai sales counter yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa Jobdesc Seorang Sales Engineer? Begini Penjelasannya!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar