icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa itu Hardware Engineer? Ini Penjelasannya!
Siker.id | 12 Oct 2022 12:15


Bagikan ke
Hardware engineer (siker)

siker.id – Berbicara mengenai dunia IT, pasti tidak akan jauh dari yang namanya perangkat atau piranti teknologi. Salah satu perangkat yang ada adalah perangkat keras atau biasa disebut dengan hardware.

Dikutip dari jagoanhosting.com, perangkat keras ini biasanya meliputi semua jenis komponen pada komputer yang memiliki bentuk fisik, bisa dilihat, dan dirasakan.

Nah, orang yang paham dan mengurusi hardware ini disebut dengan hardware engineer. Hardware engineer ialah pihak yang mengkonfigurasikan beragam hardware komputer dan juga mendesain tata letak perangkat komputer yang akan digunakan.

Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk meningkatkan keefisienan perusahaan, khususnya dalam hal jaringan komputer di perusahaan.

Selain itu, pekerjaan seorang hardware engineer juga harus meneliti, mengembangkan dan juga merancang serta menguji komputer atau perangkat yang ada kaitannya dengan komputer. Biasanya berkaitan dengan industri, militer, komersial hingga penggunaan komputer ilmiah.

Lantas, apa saja tugas dan skill yang dibutuhkan seorang hardware engineer? Begini penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Aircraft Maintenance Engineer

Tugas Hardware Engineer

Beberapa tugas seorang hardware engineer antara lain:

• Memperbaharui pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dengan perkembangan pesat teknologi komputer

• Menulis spesifikasi fungsional yang mendokumentasikan proses pengembangan perangkat keras dan mendukung pengenalan hardware

• Meneliti, merancang, mengembangkan, dan menguji komputer atau perangkat yang berkaitan dengan komputer untuk komersial, industri, militer, atau penggunaan ilmiah

• Dapat mengawasi pembuatan dan pemasangan komputer atau perangkat yang berkaitan dengan komputer dan teknologi

• Berunding dengan staf teknik dan mengkonsultasikan spesifikasi untuk mengevaluasi antara interface dengan hardware dan software dan persyaratan operasional dan sistem kinerja secara keseluruhan

Baca Juga: 4 Skill Penting bagi Security Engineer!

Skill yang Dibutuhkan Hardware Engineer

Bila kamu tertarik menjadi seorang hardware engineer, kamu harus mempelajari beberapa skill ini terlebih dahulu antara lain:

Mahir dalam Komputer & Elektronik

Bila kamu tertarik bekerja pada pekerjaan ini, kamu harus memiliki pengetahuan seputar papan sirkuit, chip, peralatan elektronik dan juga prosesor.

Selain itu, dasar pengetahuan mengenai perangkat lunak komputer dan juga perangkat keras komputer juga sangat penting. Termasuk didalamnya bahasa pemrograman dan juga cara kerja aplikasi.

Desain Grafis

Selain itu kamu juga harus mampu melakukan desain grafis bila tertarik mendaftar pekerjaan ini. Setidaknya kamu tahu mengenai teknik, prinsip desain dan juga peralatan, termasuk untuk memproduksi rencana taktikal presisi, cetak biru, model dan gambar.

Paham mengenai Rekayasa Teknologi

Keterampilan yang tak kalah penting selanjutnya adalah memahami rekayasa teknologi untuk mengembangkan hardware komputer.

Sebagai contoh kamu bisa menerapkan prinsip, teknik dan juga prosedur mengenai pendesainan dan produksi barang serta jasa. Intinya, kamu harus mampu tahu seluk beluk mengenai hal ini, ya, sobat siker!

Nah, itu tadi artikel mengenai hardware engineer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Skill yang Dibutuhkan Seorang UX Engineer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar