Pekerjaan Seorang Network Engineer itu Apa? Ini Dia!
Siker.id | 12 Oct 2022 11:35


Bagikan ke
Pekerjaan network engineer (siker)

siker.id – Pernahkah kamu mendengar istilah pekerjaan network engineer atau biasa disingkat NE ini? Nah, pekerjaan ini berhubungan dengan teknologi informasi, lho. Sebenarnya apa sih network engineer itu?

Dilansir dari Prospects UK, network engineer merupakan sebuah peran yang bertanggung jawab atas keberlangsungan dan stabilitas jaringan internet sebuah organisasi.

Seorang network engineer ini dalam pekerjaannya akan mengukur kualitas jaringan melalui hasil sumber data, kejernihan suara, kondisi pemutaran video, dan lain sebagainya.

Secara umum, network engineer ini juga bertanggung jawab untuk membuat desain dan implementasinya pada daerah-daerah tertentu di mana perusahaan beroperasi.

Selain itu, mereka juga wajib melakukan monitoring dan pengaturan secara rutin agar tidak ada sedikit pun masalah terkait kualitas database dan jaringan organisasi.

Nah, lantas apa saja tugas lain dan skill yang dibutuhkan seorang NE ini? Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Aircraft Maintenance Engineer

Tugas Network Engineer

Selain tanggung jawab di atas yang telah disebutkan, berikut beberapa tugas seorang network engineer antara lain:

Membuat Desain Jaringan

Salah satu tugas seorang NE adalah membuat desain jaringan. Hal ini biasanya dilakukan ketika perusahaan melakukan ekspansi jaringan baru. Ini bisa juga disebut network architecture. Jadi, NE merancang desain dan tahu spesifikasi dan rincian jaringan yang didesain.

Melakukan Instalasi dan Konfigurasi

Tugas selanjutnya setelah perencanaan desain jaringan selesai, NE juga bertugas untuk implementasi. Pasalnya, akan ada proses instalasi atau pemasangan perangkat jaringan sesuai dengan desain yang telah dibuat.

Setelah itu akan dilakukan proses konfigurasi atau pengaturan awal untuk pemberian ID perangkat jaringan tersebut.

Monitoring Jaringan

Hal selanjutnya yang dilakukan NE setelah melakukan instalasi dan konfigurasi adalah memonitoring jaringan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa jaringan tidak mengalami masalah. Contohnya, hilang sinyal, atau kasus lainnya.

Troubleshooting

Pekerjaan selanjutnya seorang NE adalah berkaitan denga troubleshooting. Troubleshooting dilakukan saat NE menemukan gangguan atau masalah pada suatu jaringan.

Contohnya, perangkat mati atau sinyal hilang. Ini biasa ditemukan saat proses monitoring. Troubleshooter harus bisa mendiagnosis dan menyelesaikan masalah tersebut sehingga jaringan dapat berfungsi kembali dengan baik.

Baca Juga: 4 Skill Penting bagi Security Engineer!

Skill Network Engineer

Jika kamu memang tertarik untuk menjadi seorang network engineer, ada baiknya kamu mempelajari beberapa skill yang ada di bawah ini antara lain:

Kerjasama Tim

Keterampilan wajib seorang network engineer adalah memiliki kerja sama yang baik. Sama dengan banyak pekerjaan lainnya, seorang Network Engineer juga tidak bekerja sendirian.

Biasanya, mereka akan bekerjasama dengan tim lain, supervisor, vendor, Network Operating Center (NOC), dan lainnya. Untuk itu, kamu harus memiliki kerjasama tim yang baik, ya!

Dasar-dasar Jaringan

Skill selanjutnya adalah memahami pengetahuan dasar-dasar jaringan. Kemampuan ini didasari oleh peran yang akan diemban.

Tanpa kemampuan ini, mereka tentu tidak akan dapat melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Kemampuan ini biasanya meliputi pengetahuan mendalam terkait LAN, WLAN, dan WAN.

Keahlian Analisis

Kemampuan ini juga menjadi hal fundamental bagi seorang network engineer. Pasalnya, pekerjaan ini menuntut mereka untuk mampu menganalisis berbagai level masalah IT dalam perusahaan.

Kemampuan ini juga diperlukan sebab memiliki hubungan erat dengan beberapa tugas tertentu, seperti penciptaan rencana penyebaran database dan desain jaringan.

Nah, itu tadi artikel mengenai network engineer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Skill yang Dibutuhkan Seorang UX Engineer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar