Tertarik Menjadi Ground Staff? Pelajari Hal Ini!
Siker.id | 11 Oct 2022 12:48


Bagikan ke
Ground staff (siker)

siker.id – Apakah kamu pernah memiliki pengalaman naik pesawat? Bila iya, tentunya kamu akan melihat beberapa orang yang bekerja di bandara, bukan? Nah, salah satu pihak yang bekerja pada maskapai penerbangan adalah ground staff. Siapa itu ground staff?

Ground staff merupakan staf maskapai penerbangan yang bertugas di darat. Mereka bertanggung jawab untuk membantu penumpang pada proses check in, boarding, disembarking, menangani bagasi penumpang, dan penjualan tiket.

Sebelum keberangkatan, ground staff bertanggung jawab atas prosedur check in, penerbitan boarding pass, penitipan bagasi, dan pengecekan visa paspor. Sementara itu, setelah kedatangan, bertanggung jawab membawa penumpang ke lobi.

Adakalanya bertugas memandu penumpang yang sedang mengalami kebingungan atau kesulitan hingga mendukung operasional pesawat. Seperti pramugari dan pramugara, ground staff adalah komponen penting dalam operasi penerbangan.

Lantas, apa saja tugas seorang ground staff bandara ini? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Teknisi Produksi

Ticketing Staff

Divisi ticketing adalah petugas ground handling yang bertugas untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan tiket konsumen. Tugasnya membantu penumpang dalam pembelian tiket atau pengembalian jika memang dibutuhkan.

Checkin Counter

Departemen checking counter ialah petugas ground handling yang tugasnya menangani penumpang yang akan melapor untuk melakukan penerbangan. Petugas checkin counter inilah yang akan mencetak boarding pass sekaligus memberikan label pada bagasi penumpang kemudian memasukkannya.

Boarding Gate

Petugas boarding gate ini merupakan bagian dari ground handling yang bertugas di boarding gate. Tugasnya, mendata penumpang yang akan terbang atau akan masuk ke pesawat.

Transfer Desk

Staf transfer desk ini bertanggung jawab untuk membantu penumpang atau barang bawaan penumpang selama mereka transit atau melakukan perjalanan lanjutan.

Baca Juga: Mengenal Profesi Air Traffic Controller

Services

Sesuai dengan namanya, staf bagian services ini bertugas untuk melayani penumpang-penumpang khusus atau penumpang yang menggunakan kursi roda atau penumpang khusus yang tanpa pendampingan.

Lost and Found

Staf pada bagian ini menunggu di terminal kedatangan. Tugas dari lost and found adalah untuk membantu penumpang yang mengalami kehilangan bagasi atau bagasi yang tertukar.

Customer Relation Officer

CRO merupakan staf yang menangani masalah penumpang yang berkaitan dengan penerbangan. Baik itu penumpang CIP, VIP hingga VVIP semuanya bisa mendapat layanan dari staff bagian ini.

Cargo Handling

Petugas kargo bertugas untuk melayani pengiriman barang, menangani packing barang bawaan penumpang sesuai dengan jenis dan bentuknya dan harus mengetahui barang yang berbahaya yang tidak diperbolehkan dibawa kedalam pesawat.

Nah, itu tadi artikel mengenai ground staff yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Tertarik Menjadi Staf Quality Assurance? Pahami 3 Skill Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar