Beberapa Skill yang Dibutuhkan Reporter !
Siker.id | 11 Oct 2022 14:00


Bagikan ke
Beberapa Skill yang Dibutuhkan Reporter !(siker)

siker.id - Reporter merupakan seseorang yang bertugas untuk melaporkan berita, laporan, dan sebagainya. Reporter melakukan wawancara, mencari sumber, dan mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan untuk menulis berita secara menyeluruh. Reporter juga bisa memberitakan sebuah peristiwa dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau situs berita di media online, maupun secara lisan, bila laporannya disampaikan melalui media elektronik seperti radio.

Baca Juga : Beberapa Tips agar Kamu Menjadi Videografer Andal

Nah, untuk bisa menjadi reporter yang bagus kamu membutuhkan skill berikut ini sobat !

1. Kemampuan berkomunikasi

Skill pertama yang dibutuhkan reporter adalah kemampuan berkomunikasi. Seorang reporter sangat membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi. Mulai dari komunikasi secara verbal maupun tulisan. tak jarang reporter harus melakukan wawancara kepada narasumber atau bahkan live report di televisi.

2. Kemampuan observasi dan bersikap objektif

Skill kedua yang dibutuhkan reporter adalah kemampuan observasi dan bersikap objektif. Hal yang perlu diperhatikan adalah reporter harus bisa berpikir secara analitik untuk membuang subjektivitas dalam membuat berita

Memang, dalam tulisan subjektivitas masih akan terasa dari segi gaya bahasa. Meski demikian, jangan sampai isi berita juga menjadi subjektif dan nantinya terlihat seperti menggiring opini publik.

Maka dari itu, riset dan data menjadi sangat penting untuk menjadi dasar dalam pembuatan berita agar emosi penulis tak terlibat.

Baca Juga : Ini Lho Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Fotografer !

3. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Skill ketiga yang dibutuhkan reporter adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Seorang reporter perlu mengorek informasi sedetail mungkin, maka dari itu dibutuhkan rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi secara lengkap yang dibutuhkan oleh audiens dan bukan hanya sekadar ‘kulitnya’ saja.

4. Kemampuan interpersonal

Skill keempat yang dibutuhkan reporter adalah kemampuan interpersonal. Interpersonal merupakan kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja.

Misalnya, dengan menjadi pendengar yang baik, menyampaikan pendapat secara jelas dan bekerja dalam satu tim.

Hal ini bermanfaat ketika tengah melakukan tugas peliputan. Contohnya kamu harus memiliki empati jika meliput berita musibah.

Nah, itu tadi beberapa skill yang dibutuhkan oleh reporter.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : 4 Skill yang Harus Dimiliki Content Writer

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar