Apa itu Operator Produksi? Begini penjelasannya!
Siker.id | 10 Oct 2022 16:54


Bagikan ke
Operator produksi (siker)

siker.id – Pada suatu pabrik pastinya terdapat proses produksi yang dijalankan. Slaah satu pihak yang bertanggung jawab dalam hal tersebut adalah operator pabrik. Nah, sebenarnya siapa operator produksi ini?

Dikutip dari ekrut.com, operator produksi merupakan orang yang mengoperasikan peralatan atau mesin untuk membantu proses pembuatan, perakitan, pengemasan, dan langkah lainnya dalam jalur produksi.

Posisi sebagai operator produksi adalah bagian yang esensial karena sebagai penentu hasil produk dari perusahaan. Sebagian besar pekerjaan operator produksi dilakukan di pabrik atau warehouse, walaupun beberapa juga terlibat dalam distribusi barang.

Pekerjaan yang akan dilakukan bisa saja akan berbeda pada tiap-tiap perusahaan, operator produksi mungkin diharuskan bekerja dengan mesin berat atau jenis mesin yang kompleks.

Deskripsi pekerjaan operator produksi untuk perusahaan elektronik mungkin memiliki perbedaan signifikan dengan perusahaan makanan.

Nah, lantas apa saja tugas dan kualifikasi seorang operator produksi? Simak penjelasan lengkapnya di sini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa itu Pekerjaan Manajer Produksi? Begini penjelasannya!

Tugas Operator Produksi

Operator produksi ialah profesi yang dapat bekerja untuk berbagai macam perusahaan. Pekerjaannya melibatkan beberapa aspek dari proses manufaktur dan menciptakan semua jenis produk yang diinginkan oleh perusahaan.

Pada umumnya, tugas dari operator produksi ialah sebagai berikut:

• Melakukan inspeksi dan pemeliharaan peralatan secara berkala untuk memastikan kapasitas dan kualitas produksi tercapai secara konsisten.

• Menyiapkan peralatan dan mengoperasikan mesin produksi yang ditugaskan oleh supervisor, dengan tetap mematuhi kebijakan perusahaan dan standar K3.

• Membantu pengaturan alur produksi dan memperbaiki kerusakan, serta melaporkan apabila terdapat potensi peningkatan proses produksi.

Baca Juga: 3 Aspek Manajemen Produksi

Kualifikasi Operator Produksi

Secara umum, kualifikasi pendidikan untuk operator produksi adalah memiliki minimal ijazah sekolah menengah atas atau setara. Pasalnya, pekerjaan operator produksi biasanya tidak mengharuskan kamu memiliki kualifikasi atau latar pendidikan tertentu.

Kemampuan penting yang membantu kamu menjadi operator produksi adalah dapat bekerja dengan detail dan memiliki konsentrasi yang baik. Sehingga, kamu akan melakukan pekerjaan dengan efektif dan memperhatikan serta melaporkan masalah yang terjadi selama proses produksi dengan cepat.

Selain itu, berikut ini beberapa kemampuan yang penting kamu miliki untuk menjadi operator produksi:

• Kekuatan dan stamina fisik yang oke

• Pengetahuan mekanik

• Kemampuan menganalisis

• Kemampuan komunikasi yang baik

Nah, itu tadi artikel mengenai operator produksi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Teknisi Produksi


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian