icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tertarik Menjadi Staf Quality Assurance? Pahami 3 Skill Ini!
Siker.id | 10 Oct 2022 16:28


Bagikan ke
Skill staf quality assurance (Siker)

siker.id – Menjadi seorang staf quality assurance tentu dibutuhkan keahlian atau kemampuan khusus. Pasalnya, pekerjaan ini nantinya akan berkaitan dengan produk yang akan dirilis di pasaran.

Quality Assurance merupakan pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan dan menyiapkan segala kebutuhan dari aplikasi yang dibangun oleh perusahaan dapat bekerja dengan baik.

Proses yang dilakukan adalah dengan melakukan pengujian mulai dari fitur, fungsionalitas, elemen visual, yang mana untuk dapat mencegah terjadinya bug, program yang tiba – tiba freeze, dan lain sebagainya.

Jadi, sebelum tahap deployment, QA akan melakukan proses pengecekan terhadap kesiapan setiap bagian dari produk agar saat diserahkan kepada customer, dapat berjalan dengan baik dan stabil.

Nah, untuk mengerjakan pekerjaan ini tentu dibutuhkan skill atau kemampuan yang memadai. Kira-kira apa saja skill atau keterampilan yang dibutuhkan? Begini penjelasannya!

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Quality Control ?

Memahami Data

Hal pertama yang harus diperhatikkan adalah mengenai data. Tak perlu disangkal bahwa kebutuhan akan data semakin tinggi. Untuk itu, dibutuhkan orang-orang yang memahami soal data, termasuk profesi quality assurance, menurut Northeastern University.

Kemampuan untuk menganalisis data sangat dibutuhkan karena dari situlah seorang quality assurance dapat menemukan apa yang perlu ditingkatkan dari produk.

Coding

Skill selanjutnya yang wajib dibutuhkan seorang quality assurance adalah coding. Ya, tanpa kemampuan ini tentunya akan sulit dalam mengerjakan tugas sehari-harinya.

Dikutip dari BairesDev, quality assurance perlu memahami dasar-dasar dari bahasa pemrograman yang umum.

Hal itu diperlukan agar mereka bisa berkomunikasi dengan para pengembang tentang produk secara lebih efektif. Jadi, akan lebih mudah dalam memberikan masukan yang diperlukan untuk pengembangan produk.

Baca Juga: Begini Lho Cara Kerja Quality Control !

Problem Solving

Keterampilan yang juga penting untuk seorang QA adalah pemecahan masalah. Dikutip dari Indeed, problem solving adalah skill yang pasti harus dimiliki oleh semua quality assurance.

Dengan memiliki kemampuan tentu akan memudahkan proses pencarian solusi yang diperlukan untuk menyempurnakan produk yang dirancang.

Selain itu, saat melakukan testing produk dan ditemukan masalah, tentunya harus dicari jalan keluar agar produk bisa memenuhi ekspektasi dari konsumen. Kemampuan yang satu ini juga harus didukung dengan kombinasi skill lain seperti kreativitas dan pemikiran yang kritis.

Nah, itu tadi 3 skill staf quality assurance yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 8 Elemen Pokok Total Quality Management!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar