4 Prinsip UX Desain yang Wajib Kamu Ketahui !
Siker.id | 07 Oct 2022 15:15


Bagikan ke
4 Prinsip UX Desain yang Wajib Kamu Ketahui ! (siker)

siker.id - Prinsip-prinsip UX Desain berikut ini akan membantu desainer untuk membuat rancangan yang ramah dengan kebutuhan para pengguna.

Baca Juga : 3 Tips Menerapkan Desain Grafis Minimalis

Nah, berikut adalah beberapa prinsip UX desain yang perlu kamu ketahui sobat siker.

1. Desain harus konsisten

Prinsip UX desain yang pertama yaitu memiliki desain yang konsisten. Konsistensi berarti desain beserta fungsi yang telah dirancang tetap sama pada seluruh halaman situs perusahaan.

Penting juga bagi desainer untuk mengetahui bahwa banyak aplikasi dan situs web populer yang hanya menggunakan satu kerangka rancangan untuk desain UI mereka.

Baik dalam rancangan penempatan tombol, hingga fungsi desain pada halaman “menu”.

Meskipun terlihat tidak inovatif, hal ini justru memberikan dampak positif karena tidak membingungkan bagi user layanan.

2. Fokus desain sesuai dengan keperluan pengguna

Prinsip UX desain berikutnya yaitu fokus dengan keperluan pengguna. Prinsip ini menjadi inti dari desain UX karena membantu desainer untuk memerangi masalah yang sangat umum ditemukan dalam dunia desain.

Masalah tersebut adalah dimana para desainer UX berlomba untuk membuat rancangan terbaik dengan harapan mengesankan desainer lain.

Padahal, desain yang hebat merupakan kombinasi bentuk dan fungsi elegan yang telah diintegrasikan sesuai pengalaman pengguna.

Jika desainer sukses untuk membuat desain seperti ini, mereka sukses membuat situs yang benar-benar berpusat pada pengguna.

Baca Juga : 4 Alasan Kenapa Profesi Desain Interior Menjanjikan

3. Rancang desain yang mudah digunakan

Prinsip UX desain berikutnya yaitu rancang desain yang mudah digunakan. tanggung jawab seorang desainer adalah untuk memastikan bahwa desain yang ia buat dapat digunakan oleh seluruh kalangan pengguna.

Ini berarti desain mereka juga harus dapat diakses oleh penyandang disabilitas.

Supaya bisa meraih tujuan ini, desainer harus menghilangkan rintangan dari tata letak desain untuk navigasi yang bebas masalah.

4. Sediakan user control

Prinsip UX desain berikutnya yaitu menyediakan user control. User control memiliki beberapa peran dalam UX. Akan tetapi, umumnya, pengguna akan memiliki pengalaman yang lebih baik jika desainer memberikan penjelasan dan kendali atas posisi serta kegiatan mereka di dalam situs.

Aspek penting dari user control adalah untuk membantu pengguna bila mereka melakukan kesalahan.

Nah, itu tadi beberapa prinsip UX desainer yang wajib kamu ketahui.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Desain Grafis

 

 

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar