Tertarik Menjadi Komposer? Begini Tipsnya!
Siker.id | 06 Oct 2022 16:27


Bagikan ke
Tips menjadi komposer (siker)

siker.id – Seorang komposer biasanya dikenal sebagai pencipta lagu. Istilah komposer ini lahir pada era classical, artinya ketika di dunia barat belum ada yang namanya band dan industri musik belum terbentuk. Orang yang mencipta lagu biasanya otomatis akan membuat orkestra. Tokoh yang terkenal diantaranya adalah Beethoven dan Mozart.

Di Indonesia sendiri muncul nama komposer muda yang beken yakni, Eka Gustiwana. Nah, bila kalian tertarik menjadi seorang komposer, kalian harus melakukan beberapa tips ini dulu, ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Pekerjaan buat yang Hobi dengan Musik

Pelajari Semua Genre Musik

Sebagai seorang komposer, kamu tidak boleh memilih-milih genre ya, sobat siker. Pasalnya, menjadi komposer harus memiliki wawasan yang luas soal genre musik apa saja. Ini tentu akan bermanfaat ketika kamu menciptakan lagu yang mana kamu akan mendapatkan banyak inspirasi musik.

Manfaatkan Sosial Media

Hal kedua yang bisa dilakukan komposer adalah dengan memanfaatkan dengan baik platform media sosial seperti, YouTube dan dan Instagram. Platform online tersebut dapat kamu gunakan untuk mempromosikan hasil-hasil karya composing mu itu. Alhasil, orang lain dapat mendengar karyamu. Untuk itu, manfaatkan sebaik mungkin, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Jenis Musik yang Bisa Bangkitkan Produktifitas Kerja

Minimal Menguasai Satu Instrumen

Menjadi seorang komposer juga harus mahir menguasai minimal satu instrumen. Pasalnya, ini akan berguna bagi kamu untuk mendapatkan warna musik seperti apa yang kamu inginkan. Mungkin kamu bisa mencoba instrumen yang unik seperti angklung atau djembe. Intinya, jangan ragu untuk mencoba hal baru!

Memiliki Idola

Tips berikutnya yang tak kalah penting adalah memiliki idola. Seperti musisi-musisi pada umumnya, untuk menjadi komposer harus belajar dari gurunya. Banyak komposer-komposer hebat yang pernah lahir di dunia ini. Jadi, kalau nggak mampu buat sekolah musik, bisa otodidak dari mempelajari trik-trik para legenda.

Nah, itu tadi tips menjadi seorang komposer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Playlist Lagu untuk Menemani Bekerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian