icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Chief Data Officer, Siapakah Itu?
Siker.id | 06 Oct 2022 15:19


Bagikan ke
Chief data officer (siker)

siker.id – Pernahkah kalian mendengar profesi chief data officer atau CDO? Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini berkaitan dengan data. Ya, data yang dimaksud adalah data suatu perusahaan secara menyeluruh. Nah, sebenarnya siapakah CDO itu?

Dilansir dari Datumize, chief data officer merupakan pejabat perusahaan yang bertanggung jawab atas tata kelola perusahaan secara umum dan pemanfaatan data sebagai aset.

CDO disebut sebagai ‘pejabat perusahaan’ karena posisinya berada di C-level. Sebagai seorang CDO, kamu memiliki peran penting dalam data perusahaan, mulai dari pemrosesan, penambangan, perdagangan, hingga analisis data.

Selain itu, kamu juga harus memiliki mindset bahwa perusahaan digerakkan oleh data. Istilah ‘chief data officer’ sebenarnya terbilang baru di jajaran pejabat perusahaan. Namun, pekerjaan seorang CDO tidak lepas dari posisi C-level lainnya.

Seperti contoh, kebanyakan CDO bertanggung jawab langsung kepada chief executive officer (CEO). Namun, ada pula CDO yang bertanggung jawab pada chief operating officer (COO) atau chief financial officer (CFO).

Baca Juga: 3 Kemampuan Wajib bagi Chief Operating Officer!

Tips Menjadi Chief Data Officer

Menjadi seorang CDO tentu tidaklah mudah, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan antara lain:

Jadilah Emergent Leader

Tips pertama adalah menjadi seorang emergent leader. Seorang chief data officer harus bisa menjadi emergent leader. Dengan kata lain, CDO harus menganggap serius setiap aspek data yang penting bagi perusahaan.

Bisnis-sentris

Tips selanjutnya ini penting bagi seorang CDO. CDO yang sukses harus mampu memengaruhi budaya dan perilaku lingkungan kerjanya untuk lebih berorientasi pada data, informasi, dan analisis. Selain itu, CDO juga harus mampu melihat nilai dan peluang dari sebuah data bagi bisnis perusahaannya.

Baca Juga: Begini 3 Tugas Seorang Chief Financial Officer!

Fokus pada Hubungan antara Data, Analisis, Proses Bisnis, dan Hasil

CDO merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan data, analisis, proses bisnis, dan hasil. Maka dari itu, CDO harus mampu melihat keterkaitan aspek-aspek tersebut.

Nah, itu tadi chief data officer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 4 Tugas Seorang Chief Marketing Officer Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar