icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Lebih Jauh Profesi Assistant Director
Siker.id | 06 Oct 2022 15:15


Bagikan ke
Mengenal Lebih Jauh Profesi Assistant Director (siker)

siker.id - Assistant director merupakan profesi yang memiliki tugas member pengawasan semua kepala departemen atau bagian dan juga memastikan seluruh pemain beserta crew saat pengerjaan film berjalan sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

Nah, apakah kamu tau apa saja tanggung jawab dari seorang assistant director itu ?

Baca Juga : Ini Lho Beberapa Prospek Karier Industri Broadcasting

Berikut penjelasannya !

1. Membuat storyboard

Tanggung jawab pertama assistant director yaitu membuat story board. Nah, disini assistant director membuat storyboard untuk member gambaran adegan dari suatu naskah.

2. Membuat jadwal shooting

Tanggung jawab kedua assistant derector yaitu membuat jadwal shooting. Ketika storyboard yang di buat sudah disetujui oleh direktur utama, kemudian assistant director membuat jadwal shooting. Disini, assistant director akan membuat jadwal shooting bersamaan dengan manajer produksi, produser, dan kepala departemen yang membawahi crew.

3. Menyiapkan call sheets

Tanggung jawab ketiga assistant director yaitu menyiapkan call sheets. Sebelum pengambilan gambar, assistant director memiliki tugas untuk membuat call sheets setiap harinya. Pasalnya, call sheets merupakan hal yang penting dalam proses pembuatan film.

Selain itu, assistant director juga harus memastikan semua yang terlibat dalam pembuatan film memenuhi call sheets dan pembuatan film berjalan sesaui jadwal.

Baca Juga : 5 Skill yang Harus Dimiliki Broadcaster

4. Melakukan “calling the roll”

Tanggung jawab keempat assistant director yaitu melakukan calling the roll. Calling the roll merupakan pemberian arahan kepada semua yang terlibat dalam proses pembuatan film, baik itu cameramen, sound mixer, dan lainnya.

5. Perantara koordinasi

Tanggung jawab kelima assistant director yaitu berkoordinasi dengan crew. Disini assistant director menjadi perantara antara director dan crew produksi dalam melakukan koordinasi. Karena koordinasi dalam pembuatan film merupakan hal yang sangat penting.

6. Kontrol kedisiplinan

Tanggung jawab keenam assistant direcot yaitu mengontrol kedisiplinan. Disini assistant director bertanggung jawab terhadap kedisiplinan semua crew yang terlibat dalam proses pembuatan film. Apabila terdapat konflik maupun masalah di lokasi pembuatan film, assistant director bertanggung jawab untuk menyelesaikannya.

7. Keamanan

Tanggung jawab yang ketujuh assistant director yaitu menjaga keamanan. Assistant director bertanggung jawab untuk memastikan semua standard keamanan selama proses pembuatan film.

Nah, itu tadi informasi mengenai tanggung jawab assistan director.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : Penasaran Apa Pekerjaan Seorang Produser? Ini Dia!

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

Komentar