Begini 3 Kualifikasi Menjadi Ilmuwan Makanan!
Siker.id | 05 Oct 2022 15:42


Bagikan ke
Kualifikasi menjadi ilmuwan makanan (Siker)

siker.id – Menjadi seorang ilmuwan makanan tentu tidak mudah dan tidak main-main. Pasalnya, seorang ilmuwan harus memiliki keterampilan, keahlian dan wawasan yang baik perihal makanan. Ilmuwan makanan ini bertanggung jawab untuk mengawasi produksi makanan dan memastikan produk aman dan bergizi.

Kebutuhan akan profesi dalam ilmu pangan ini sangat dibutuhkan karena perubahan lingkungan dan iklim menuntut produksi pangan yang lebih baik dan lebih efisien.

Lantas, apa saja kualifikasi wajib untuk menjadi seorang ilmuwan makanan? Begini penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Strategi Ampuh Memasarkan Produk Makanan

Pendidikan

Pertama dari pendidikan. Pendidikan minimal bergelar sarjana merupakan persyaratan untuk bekerja sebagai ilmuwan makanan, tetapi sebagian besar pengusaha lebih memilih gelar master atau Ph.D.

Kamu dapat mengharapkan untuk mengambil berbagai kursus sains dan teknik di kedua tingkat. Kursus mungkin termasuk pengolahan makanan, hukum dan peraturan makanan dan analisis makanan.

Ilmuwan makanan yang bercita-cita tinggi akan membutuhkan latar belakang pendidikan di bidang nutrisi, keamanan pangan, dan pemrosesan.

Pelatihan

Kedua adalah pelatihan. Ya, sebagian besar pelatihan akan dilakukan saat bekerja menuju gelarmu, biasanya dalam bentuk magang. Magang mungkin diperlukan di tingkat sarjana, tetapi beberapa jenis pengalaman langsung hampir selalu disertakan dalam program master atau Ph.D. program.

Karena ilmuwan pangan terlibat dalam sebagian besar aspek pengembangan pangan, termasuk kimia dan teknik, pelatihan di kedua bidang dapat membantu.

Baca Juga: Ini Dia Makanan Penambah Energi Dikala Masih WFH

Sertifikasi

Kualifikasi yang tak kalah penting adalah sertifikasi. Sertifikasi dan lisensi akan bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya. Meskipun mereka mungkin bukan persyaratan untuk bekerja sebagai ilmuwan makanan, mendapatkan sertifikasi dapat membantu promosi.

Sertifikasi ilmuwan makanan mungkin tersedia melalui American Society of Agronomy dan American Registry of Professional Animal Scientists. Sebagian besar sertifikasi mengharuskan kamu bekerja selama beberapa jam di lapangan dan kemudian menyelesaikan ujian.

Nah, itu tadi 3 Kualifikasi Menjadi Ilmuwan Makanan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Beberapa Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar