Ketahui Langkah Ini untuk Menjadi Ahli Gizi!
Siker.id | 05 Oct 2022 16:17


Bagikan ke
Langkah menjadi ahli gizi (Siker)

siker.id – Pada bidang kesehatan, tentunya terdapat berbagai ahli yang ada. Salah satu ahli yang berperan dalam dunia kesehatan yakni, ahli gizi. Sebenarnya apa itu ahli gizi?

Ahli gizi merupakan profesi di bidang kesehatan yang bertugas mengupayakan pemeliharaan dan perbaikan gizi masyarakat. Ahli gizi memberikan panduan dan mengontrol gizi di rumah sakit, puskesmas, perusahaan, sekolah, atau lembaga lainnya.

Nah, untuk menjadi ahli gizi, diperlukan beberapa langkah. Apa saja langkah-langkahnya? Begini penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut 3 Hal yang Harus Dikuasai agar Ahli Dalam 1 Bidang

Menyelesaikan Pendidikan SMA IPA/SMK Kesehatan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih serta menyelesaikan pendidikan sekolah menengah dengan jurusan IPA atau jurusan yang berkaitan dengan kesehatan sehingga memudahkan Kamu memasuki jurusan gizi.

Masuk Jurusan Ilmu Gizi di PTN/PTS

Langkah selanjutnya adalah dengan berkuliah dan masuk ke dalam jurusan ilmu gizi entah itu perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Hal tersebut tak masalah selama Kamu belajar dengan giat.

Menyelesaikan Pendidikan Pascasarjana

Langkah berikutnya adalah dengan mengikuti dan menyelesaikan pendidikan pascasarjana setelah menyelesaikan program pendidikan S1 dari perguruan tinggi. Pendidikan pascasarjana akan membantu Kamu untuk menambah ilmu pengetahuan tentang kesehatan gizi.

Bekerja Sebagai Staf Gizi

Langkah yang bisa kamu tempuh setelah lulus dari jenjang perkuliahan adalah meniti karier sesuai dengan keahlian yang telah dimiliki yaitu sebagai staf gizi suatu instansi ataupun tempat lainnya.

Baca Juga: 5 Alasan Berkarir Menjadi Ahli Gizi Setelah Lulus

Bekerja Sebagai Ahli Gizi Rawat Inap

Setelah menjadi staf gizi, langkah selanjutnya adalah menjadi ahli gizi. Ya, kamu akan bertanggung jawab untuk memperbaiki status gizi seorang pasien tergantung penyakit dan kebutuhannya.

Menjadi Penanggung Jawab Pelayanan Asuhan Gizi

Kemudian, langkah yang juga penting adalah dengan menjadi penanggung jawab pelayanan asuhan gizi. Jenjang karier ini bisa kamu tempuh setelah menjadi staf dan ahli gizi rawat inap.

Menjadi Wakil Kepala Instalasi Gizi

Tahapan selanjutnya adalah menjadi wakil kepala instalasi gizi. Ketika kamu telah cukup berpengalaman dan memiliki kemampuan untuk naik jabatan karier, maka ada kemungkinan akan diangkat menjadi wakil kepala instalasi gizi di tempat kerja.

Menjadi Kepala Instalasi Gizi

Tahapan akhir jenjang karier yang bisa menjadi impian kamu adalah dengan menjadi seorang kepala instalasi gizi. Untuk berada di posisi ini tentunya tak mudah, perlu pengalaman serta mampu menanggung tanggung jawab yang besar pula.

Nah, itu tadi Langkah untuk Menjadi Ahli Gizi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Bagi Lulusan Ilmu Gizi, Ini Prospek kerjanya


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar