icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Dia 3 Tips Penting Menjadi Fotografer Makanan
Siker.id | 05 Oct 2022 15:23


Bagikan ke
Tips penting menjadi fotografer makanan (siker)

siker.id – Pekerjaan menjadi fotografer sekarang ini banyak diminati, lho. Apalagi profesi fotografer makanan. Pekerjaan ini dianggap menjanjikan karena pundi-pundi keuntungan yang didapat lumayan besar. Fotografi makanan merupakan sebuah seni menyajikan sebuah makanan yang kita makan dalam dimensi yang baru atau berbeda. Seorang fotografer makanan yang handal, mampu menginterpretasikan prinsip desain.

Artinya, seorang fotografer perlu menata kondisi sekitar dan menyusun bidikan untuk bisa mendapatkan gambar yang sempurna. Ini juga termasuk hal lainnya, seperti menggunakan alat peraga, menggabungkan peralatan makan dengan warna berbeda, hingga menggunakan model jika menginginkan lebih banyak nuansa gaya hidup.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang fotografer makanan, pahami beberapa tips ini terlebih dahulu sebelum kamu benar-benar terjun di bidang fotografi makanan.

Baca Juga: 5 Strategi Ampuh Memasarkan Produk Makanan

Perhatikan Tampilan Warna Makanan

Pertama, kamu perlu memperhatikkan tampilan warna makanan. Dalam fotografi makanan, warna merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi kualitas foto.

Selain pengaruh dari pencahayaan, komposisi warna pada subjek juga bisa berdampak pada tampilan foto tersebut. Kamu harus bisa memastikan bahwa warna pada subjek tetap menjadi fokus utama pada foto dan tidak terhalangi oleh subjek lainnya.

Ambilah Foto dari Berbagai Sudut

Tips kedua adalah mencoba mengambil foto dari berbagai sudut. Hindari cepat puas dengan hasil foto yang telah diambil.

Jika kamu mendapatkan foto yang pas dengan sekali foto, coba ambil foto lagi dari sudut berbeda. Karena pada beberapa makanan yang disajikan dengan piring, ada foto yang cocok diambil dari atas, seperti pizza dan ada juga yang terlihat lebih baik dari samping seperti burger.

Baca Juga: Begini 5 Tips Menjadi Fotografer Handal!

Kurangi Ketergantungan pada Software Edit Foto

Tips selanjutnya adalah dengan mengurangi ketergantungan pada software edit foto. Terkadang untuk beberapa situasi, penggunaan software photo editing memang cukup membantu.

Penempatan subjek dan komposisi warna yang kurang pas dapat diubah sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun, jangan sampai membuatmu malah ketergantungan, hingga setiap hasil fotomu harus diedit sedemikian rupa.

Karena belum tentu hasilnya dapat menjadi lebih baik, malah editing yang dilakukan secara berlebih bisa membuat fotomu terkesan kurang natural.

Nah, itu tadi 3 Tips Penting Menjadi Fotografer Makanan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Alat Pendukung Kerja Fotografer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar