icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Kesalahan Penulis yang Harus Kamu Hindari
Siker.id | 04 Oct 2022 14:15


Bagikan ke
4 Kesalahan Penulis yang Harus Kamu Hindari (siker)

siker.id - Kesalahan penulis pemula yang sering kita temui salah satu contohnya yaitu bingung ingin memulai dari mana dan jadi tidak memulai sama sekali.

Fase tersebut pasti pernah dilewati oleh penulis buku, novel, content writer, atau copywriter.

Baca Juga : 5 Tips Menulis Artikel bagi Penulis Pemula

Nah, berikut beberapa kesalahan penulis yang harus hindari nih sobat siker!

1. Takut untuk memulai

Kesalahan pertama yang harus dihindari yaitu takut untuk memulai. Apabila kamu mempunyai hasrat dan keinginan untuk menulis, mulailah saja. Jangan terpaku pada pikiran bahwa kamu akan melakukan kesalahan ketika memulai menulis. Kesalahan ketika memulai sesuatu adalah hal yang wajar dalam kehidupan.

2. Menulis untuk diri sendiri

Kesalahan kedua yang harus dihindari yaitu menulis untuk diri sendiri. Komunikasi dengan pembaca merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh penulis, namun biasanya di sinilah letak kesalahan dari penulis pemula. Setelah menulis, coba baca ulang tulisan kamu dan tanyakan pada dirimu sendiri terkait apa yang kurang dan perlu diperbaiki.

Baca Juga : 3 Sumber Kebahagiaan Seorang Penulis

3. Menulis pembuka yang lemah atau misleading

Kesalahan ketiga yang harus dihindari yaitu menulis pembuka yang lemah atau misleading. Pembukaan yang menarik memang penting, namun jangan sampai misleading dan ada perbedaan dengan isi tulisan. Hal tersebut semata-mata hanya untuk menarik si pembaca, padahal berada di luar konteks dan jadi menipu pembaca.

4. Terlalu perfeksionis

Kesalahan keempat yang harus dihindari yaitu terlalu perfeksionis. Jangan terlalu terobsesi dengan hal detail yang sebenarnya tidak begitu penting. Ambil beberapa langkah ke belakang, kemudian lihat gambaran besarnya. Pastikan poin yang ingin kamu sampaikan mudah dipahami ya sobat siker.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan penulis yang harus dihindari.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : 5 Struktur Artikel yang Perlu Dipahami Penulis


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

Komentar