icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pahami 3 Tips Penting Menjadi Konsultan Keuangan
Siker.id | 04 Oct 2022 17:10


Bagikan ke
Tips menjadi konsultan keuangan (siker)

siker.id – Apakah kamu tertarik menjadi seorang konsultan keuangan? Bila kamu tertarik, kamu harus memperhatikkan beberapa hal ini terlebih dahulu.

Pasalnya, menjadi konsultan keuangan harus mampu menyediakan nasihat, pertimbangan, opini secara detail atau solusi dalam bidang keahlian tertentu untuk bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan.

Nah, kira-kira hal apa saja yang harus diperhatikkan untuk menjadi konsultan keuangan? Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Tertarik Menjadi Konsultan Pajak? Pelajari 7 Skill Ini!

Menguasai Proses Bisnis

Tips pertama adalah kamu harus menguasai proses bisnis. Menguasai dunia bisnis menjadi modal lain yang penting untuk seorang konsultan keuangan. Karena banyak klien yang akan meminta saran kepada konsultan keuangan berkenaan penggunaan uang mereka untuk bisnis atau berinvestasi.

Konsultan yang baik juga menguasai semua istilah bisnis dan semua bagian dalam bisnis, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, laporan dan memiliki semua solusi untuk berbagai kendala dalam setiap bagian bisnis.

Memiliki Pendidikan Berkualitas

Tips selanjutnya adalah memiliki pendidikan berkualitas. Ya, memiliki pendidikan yang kuat dan berkualitas adalah salah satu dasar yang sangat bagus untuk semua profesi yang berbasis pengetahuan. Pendidikan dasar saja tidak akan pernah cukup untuk menjadi seorang konsultan.

Konsultan harus banyak mengikuti kursus pada salah satu bidang tertentu untuk mengasah kemampuan dalam bidang tersebut. Kursus yang diambil lebih baik yang memiliki tingkat keprofesionalan yang lebih tinggi dan lebih sulit.

Baca Juga: 4 Tanggung Jawab Seorang Konsultan IT

Bersertifikasi

Hal penting selanjutnya adalah bersertifikasi. Sertifikasi adalah salah satu bukti bahwa kamu telah diakui secara profesionalitas maupun kemampuan. Harga diri seorang konsultan keuangan dapat dilihat dari sertifikat yang dimiliki dan dapat menjadi cara yang mudah dalam mencapai puncak popularitas di kalangan klien.

Meski demikian, tetap harus disertai dengan keahlian, pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni. Sertifikat yang biasa dimiliki oleh konsultan keuangan adalah Sertified Internal Auditors (CIA) dan Certified Management Accountants (CMA).

Nah, itu tadi 3 Tips Penting Menjadi Konsultan Keuangan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tugas Seorang Konsultan Pajak


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar