icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Manfaat dari Kegiatan Magang Perusahaan?
Siker.id | 25 Nov 2021 18:00


Bagikan ke
Ternyata magang memiliki banyak manfaat positif baik untuk kemajuan perusahaan. (siker)

siker.id - Tidak hanya dilakukan saat seseorang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, istilah karyawan magang adalah bisa juga ditujukan kepada siswa atau mahasiswa yang baru lulus sekolah atau kuliah. Biasanya, mayoritas para fresh graduate memulai karirnya, dengan menjadi karyawan magang. Buat Anda yang sebelumnya belum tahu, apa itu istilah magang, mari simak informasi berikut, agar bisa memahami apa manfaat magang, di sebuah perusahaan.

Baca juga: Kegiatan Magang Penting Bagi Mahasiswa, Selengkapnya

Pengertian Magang

Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang atau jasa di perusahaan. Pemagangan dimaksudkan agar peserta magang menguasai keterampilan atau keahlian tertentu. Setelah karyawan magang berhasil menyelesaikan program pemagangan, maka mereka berhak memperoleh pengakuan kualifikasi kompetensi atau mendapat sertifikasi. Dalam proses penyelenggaraan pemagangan, perusahaan tidak diperbolehkan memungut biaya dari peserta.

Manfaat Melakukan Magang

1. Program Magang Membuka Wawasan

Sebagai pelajar/mahasiswa pasti masih awam dengan dunia kerja. Kecuali, jika Anda adalah karyawan yang berkuliah, itu beda cerita. Program magang ini ibarat gerbang awal yang bisa Anda masuki untuk mengenal seluk beluk dunia kerja. Setelah melewati masa magang, harapannya, pemagang tidak akan kaget lagi ketika sudah lulus dan harus bekerja di industri. Dalam magang bisa membuka wawasan luar tentang berbagai hal baik dalam dunia kerja maupun diluar dunia kerja.

Baca juga: Mengapa Perusahaan Perlu Pelatihan SDM buat Karyawannya?

2. Memperluas Jaringan

Relasi atau jaringan adalah hal penting dalam dunia kerja. Dengan ikut program magang, Anda bisa bertemu orang-orang baru. Orang-orang yang berpengalaman di industri tentunya. Jaringan baru ini bisa sangat berguna saat Anda sudah masuk dunia kerja. Anda tidak akan tau bisa mendapat pekerjaan dari siapa. Maka dari itu, berusahalah bersikap baik pada semua orang yang kamu temui selama magang.

3. Mengembangkan Skill atau Keterampilan

Saat magang, Anda akan mendapatkan sejumlah tugas. Tugas-tugas tersebut biasanya membutuhkan keterampilan praktis. Anda bisa belajar banyak dari setiap tugas yang diberikan untuk menambah skill baru, atau membuat skill-mu lebih efektif saat diterapkan pada suatu pekerjaan di industri.

4. Memberi Nilai Lebih

Persaingan ketat di dunia kerja mengharuskan Anda memiliki pembeda dan nilai lebih supaya dilirik oleh perusahaan. Pengalaman magang bisa kamu cantumkan di CV. Mencantumkan pengalaman magang akan membuat kamu memiliki nilai lebih dibanding pencari kerja lain.

5. Memberi Peluang Pekerjaan

Setialah pada perkara kecil, Anda nanti akan dipercayakan pada perkara besar. Apabila selama program magang kinerja dan attitude baik, Anda memiliki peluang untuk diangkat sebagai karyawan saat perusahaan membuka recruitment.

Sekian artikel tentang manfaat dari adanya magang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar