Kenali 4 Skill Wajib Ini Bila Kamu Ingin Menjadi Aktuaris!
Siker.id | 04 Oct 2022 12:30


Bagikan ke
Skill wajib ini bila kamu ingin menjadi aktuaris (siker)

siker.id – Beragam profesi di bidang keuangan sangat diminati oleh pencari kerja. Mulai dari profesi pegawai bank, customer service, teller, hingga aktuaris. Berbicara mengenai aktuaris, pekerjaan ini juga cukup diminati. Sebenarnya apa itu aktuaris?

Aktuaris merupakan seorang ahli yang dapat mengaplikasikan teori matematika, statistika dan probabilita, serta ilmu ekonomi dan keuangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan aktual pada sebuah bisnis khususnya yang berhubungan dengan risiko.

Masalah bisnis tersebut kemudian dihubungkan dengan peristiwa yang terjadi di masa depan, kemungkinan peristiwa tersebut terjadi, kapan peristiwa tersebut akan terjadi dan berapa jumlah dana yang perlu disisihkan untuk mengatasi biaya yang muncul jika peristiwa tersebut terjadi.

Biasanya, aktuaris ini bekerja di sektor keuangan seperti, perusahaan asuransi umum, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dana pensiun, dan lain sebagainya. Selain itu, aktuaris juga menggeluti bidang lain yang berkaitan dengan pengelolaan risiko yang memerlukan kemampuan analisis dan logika yang kuat.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang aktuaris, kamu harus mempelajari skill ini terlebih dahulu. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 4 Skill Wajib Seorang Teller Bank

Skill Komunikasi

Pertama, kamu harus menguasai keterampilan ini. Ya, skill komunikasi memang sangat dibutuhkan oleh setiap pekerja. Seorang aktuaris yang andal juga sangat perlu menguasai kemampuan yang satu ini.

Seorang aktuaris harus mampu menjelaskan ide serta hasil analisis kepada pihak eksekutif perusahaan hingga pemegang saham. Selain itu, kemampuan komunikasi juga sangat dibutuhkan untuk memimpin suatu tim agar bisa bekerja sama dengan baik.

Literasi Komputer

Kedua, keterampilan dalam literasi komputer. Saat menjalankan pekerjaannya, seorang aktuaris tidak akan jauh dari mengumpulkan data dan menganalisisnya.

Tanpa bantuan komputer tentunya akan kesulitan bagi aktuaris untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Biasanya mereka akan memanfaatkan SQL atau Microsoft Excel untuk mengolah data dan melakukan analisisnya.

Baca Juga: 3 Tips Meningkatkan Skill Problem Solving!

Problem Solving

Keterampilan memecahkan masalah juga merupakan skill penting yang harus dimilikki oleh seorang aktuaris. Bila hanya bisa menganalisis tapi tidak mampu menyelesaikan masalah, tentunya hasil pekerjaan aktuaris tidak akan maksimal.

Maka dari itu, selain harus memiliki kemampuan analisis seorang aktuaris yang andal adalah yang juga mampu membuat penyelesaian dengan tepat. Pasalnya, seorang aktuaris harus mampu melakukan identifikasi risiko yang akan didapatkan perusahaan. Kemudian, mengembangkan rencana untuk mengelola risiko tersebut.

Skill Analisis

Skill yang tak kalah penting adalah skill analisis. Ya, sebagian besar pekerjaan yang dilakukan oleh seorang aktuaris adalah menganalisis data. Data-data yang sudah dikumpulkan harus diidentifikasi dan dianalisis agar bisa membuat suatu kebijakan yang dapat menguntungkan perusahaan.

Bila seorang aktuaris tidak memiliki skill dasar yang satu ini, tentu akan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk itu, kuasai keterampilan ini, ya, sobat siker!

Nah, itu tadi 4 Skill Penting Ini Bila Kamu Ingin Menjadi Aktuaris yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 5 Skill Utama Seorang Account Manager


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar