5 Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia
Siker.id | 03 Oct 2022 15:50


Bagikan ke
5 Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia (siker)

siker.id - Jurusan sastra Indonesia tidak hanya mempelajari bahasa saja, namun juga mempelajari linguistic, kajian puisi dan drama, menganalisis permasalahan social dan budaya, dan penyuntingan.

Baca Juga : 4 Prospek Kerja Lulusan Bahasa Jepang

Nah, berikut beberapa prospek kerja lulusan sastra Indonesia.

1. Penulis

Prospek kerja lulusan sastra Indonesia yang pertama adalah penulis. Kamu bisa menjadi penulis buku, scriptwriter, content writer, atau copywriter. Apabila kamu tertarik menjadi content writer, pekerjaan ini sedang dicari di berbagai perusahaan, lho.

Sebab, dengan tulisan yang kamu juga bisa menentukan brand image perusahaan dengan tulisan yang kamu buat.

Hal yang sama berlaku juga bagi copywriter yang bertugas menyusun kata-kata dengan tujuan promosi atau mengajak pembacanya mengakses suatu produk.

2. Editor

Prospek kerja lulusan sastra Indonesia yang kedua adalah editor. Editor merupakan tulang punggung kesuksesan sebuah buku atau karya tulis. Tanggung jawab sebagai editor ini sangat penting dalam memperbaiki dan menerbitkan segala tulisan maupun gambar pendukung kamu.

Di balik tanggung jawab ini, kamu juga harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk memastikan bahwa karya tulis tersebut dapat dinikmati dengan baik.

Untuk mencapai prospek kerja untuk lulusan sastra Indonesia ini, kamu mungkin harus menapaki karier kepenulisan lainnya.

Baca Juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

3. Wartawan atau jurnalis

Prospek kerja lulusan sastra Indonesia yang ketiga yaitu wartawan atau jurnalis. Jurnalis atau wartawan tidak akan hanya duduk dan menulis berita saja. Prospek kerja sastra Indonesia sebagai jurnalis atau wartawan, pekerjaan kamu tidak akan hanya duduk dan menulis berita saja.

4. Social media

Prospek kerja lulusan sastra Indonesia yang keempat yaitu social media. Pada awalnya, kamu mungkin akan memulai di karier untuk entry-level seperti social media officer. Jika pengalaman sudah cukup, kamu bisa menempuh jenjang yang lebih tinggi seperti social media manager.

5. Bekerja di instansi pemerintah

Prospek kerja lulusan sastra Indonesia yang terakhir yaitu bekerja di instansi pemerintah. Bekerja di instansi pemerintahan juga menjadi salah satu prospek menarik bagi lulusan sastra Indonesia.

Kamu bisa mendaftarkan diri kamu untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan memilih pekerjaan di berbagai kementerian.

Nah, itu tadi beberapa prospek karier lulusan sastra Indonesia.

Jangan lupa like, komen, dan share yasbat siker.

Baca Juga : 4 Prospek Kerja Lulusan Bahasa Mandarin

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar