icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 5 Skill Utama Seorang Account Manager
Siker.id | 03 Oct 2022 11:00


Bagikan ke
Skill utama seorang account manager (Siker)

siker.id – Salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan bidang sales atau penjualan perusahaan adalah manajer akun atau account manager (AM). Memangnya siapa itu account manager?

Dikutip dari Media Bistro, account manager adalah jembatan antara perusahaan dengan klien. Mereka menentukan kebutuhan klien dan memastikan perusahaannya bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Jadi, tanggung jawab utama account manager adalah membina relasi dengan klien serta bekerja dengan tim sales dan marketing untuk menyiapkan strategi, presentasi, dan promosi penjualan.

Nah, apakah kamu tertarik menjadi seorang account manager? Bila iya, kamu harus menguasai keterampilan ini terlebih dahulu sebelum nantinya kamu ditunjuk sebagai account manager. Apa saja skill yang dibutuhkan? Simak penjelasan di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Meningkatkan Skill Problem Solving!

Memperhatikan Detail

Pertama, seorang AM perlu mempunyai kemampuan untuk memperhatikan detail. Tidak hanya detail saat menjalin komunikasi dengan kedua belah pihak, namun juga detail dalam menyusun laporan.

Beberapa bentuk laporan membutuhkan informasi kecil yang mendukung argumentasi besar. Hal ini perlu dimasukkan AM yang barangkali terlewat oleh tim lain yang membuatnya.

Mengikuti Tren Pemasaran

Kemampuan yang perlu dikuasai seorang AM adalah up-to-date terhadap dunia pemasaran. Karena AM adalah pihak perusahaan yang melayani klien, maka dia juga harus mengikuti tren pemasaran yang ada. Bagaimanapun juga klien akan membutuhkan analisis AM untuk memperkuat strategi pemasaran yang ditawarkan perusahaan.

Begitu pula sebaliknya, perusahaan akan menganalisis strategi pemasaran permintaan klien dan menyampaikan hasilnya melalui AM. Bila account manager tidak memahami tren pemasaran yang ada, maka informasinya akan kurang tersampaikan.

Pintar Melihat Peluang

Menjadi seorang AM mengharuskan kamu untuk memiliki pengamatan tajam terhadap peluang. Kamu harus tahu betul target klien seperti apa yang ingin dikejar.

Setelah itu, kamu juga harus mengembangkan kemampuan manajemen klien yang baik. Apalagi kamu juga akan memegang banyak klien. Jadi, matangkanlah kemampuan ini, sobat siker!

Baca Juga: Ketahui 5 Tugas Account Payable Staff

Berpikir Kritis & Analitis

Skill selanjutnya adalah mampu berpikir kritis dan analitis. Kamu wajib bersikap kritis dan analitis terhadap sesuatu. Sikap ini diperlukan demi menyeimbangkan dan mempertemukan antara permintaan klien dengan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.

Keterampilan ini biasanya tidak didapatkan dari pengalaman akademis. Melainkan hadir dari kebiasaan-kebiasaan seperti membaca buku, networking, hingga rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang besar.

Kemampuan Mendengar dan Berbicara

Terakhir, untuk menjadi seorang AM dibutuhkan kemampuan mendengarkan dan berbicara dengan baik. Ya, kedua kemampuan ini penting untuk dikuasai.

Kemampuan mendengarkan sangat penting karena kamu pasti akan banyak mendengarkan masukan atau bahkan keluhan dari klien. Seni berbicara pun harus kamu asah karena kamu akan menyampaikan presentasi di depan banyak pihak.

Nah, itu tadi 5 Skill Wajib bagi Account Manager yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut 5 Tugas Seorang Account Receivable


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar