Tertarik Menjadi Konsultan Pajak? Pelajari 7 Skill Ini!
Siker.id | 03 Oct 2022 08:20


Bagikan ke
Skill konsultan pajak (siker)

siker.id – Dalam bidang perpajakan, terdapat beberapa jenis pekerjaan. Salah satu pekerjaan yang banyak diminati pada bidang ini adalah konsultan pajak. Ya, pekerjaan ini dianggap memiliki gaji yang cukup fantastis. Sebenarnya apa sih pekerjaan konsultan pajak ini?

Konsultan pajak merupakan pihak yang mengumpulkan informasi keuangan untuk merancang strategi atau keputusan keuangan yang bijak bagi kliennya. Berdasarkan hasil informasi keuangan tersebut, nantinya akan diperoleh suatu strategi yang bisa mengurangi kewajiban pajak sehingga klien akan lebih diuntungkan dari segi diskon pajak atau pengurangan pajak.

Nah, apabila kamu tertarik menjadi seorang konsultan pajak, kamu harus mempelajari terlebih dahulu keterampilan yang dibutuhkan sebelum kamu bekerja sebagai seorang konsultan pajak.

Lantas apa saja kah keterampilan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 4 Tanggung Jawab Seorang Konsultan IT

Manajemen Waktu

Skill pertama yang bisa kamu kuasai adalah manajemen waktu. Yaps, penting bagi seorang konsultan pajak untuk memprioritaskan pekerjaan dan dan mengefisiensikan setiap prosesnya dengan teratur.

Jangan pernah membiasakan menunda pekerjaan untuk hal-hal yang tidak penting, karena ini dapat menyebabkan Waktu penyelesaian menjadi sangat terbatas dan menjadi tidak maksimal hasilnya.

Berwawasan Luas & Komunikatif

Skill kedua adalah berwawasan luas dan komunikatif. Pasalnya, konsultan pajak nantinya akan terjun secara langsung mengurusi berbagai hal mengenai perpajakan milik para wajib pajak, sehingga seorang konsultan pajak harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang prosedur pajak.

Selain itu, konsultan pajak harus mempunyai kemampuan yang komunikatif supaya bisa menjelaskan dengan baik hal-hal rumit dengan cara yang mudah dipahami.

Kemampuan Analisis & Berhitung

Keterampilan selanjutnya adalah kemampuan analisis dan berhitung. Seorang konsultan pajak harus pandai menganalisis serta menggunakan logika dan nalar dalam mengidentifikasi kekuatan maupun kelemahan dari sebuah solusi.

Sebab, hal ini akan berimbas pada pembuatan keputusan dan rekomendasi berdasarkan informasi dan faktor yang ada.

Memahami Keuangan & Undang-undang

Skill yang tak kalah penting adalah memahami keuangan dan undang-undang. Karena nantinya seorang konsultan pajak akan berkaitan dengan hukum maupun undang-undang perpajakan yang telah berlaku, maka tak salah bila pemahaman mengenai keuangan dan undang-undang sangatlah penting. Aturan atau hukum yang telah dipahami tersebut pada umumnya akan menjadi sebuah kekuatan dan pedoman untuk setiap konsultan pajak dalam bekerja.

Akuntansi & Ekonomi

Keterampilan selanjutnya yang tentu harus dimilikki seorang konsultan pajak adalah wawasan tentang akuntansi dan ekonomi. Pengetahuan tentang dasar-dasar maupun prinsip praktik kerja akuntansi dan ekonomi adalah sangat penting untuk diketahui.

Selain itu juga perbankan pasar keuangan, serta analisis dan pelaporan data keuangan juga sangat penting untuk dipahami bagaimana keberadaannya.

Baca Juga: 4 Tugas Seorang Konsultan Pajak

Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

Skill yang juga perlu dikuasai adalah mampu menjaga hubungan baik dengan klien. Hal yang perlu dijaga dalam berhubungan baik dengan klien maksudnya ialah, sikap saling percaya satu sama lain.

Kamu harus mendahulukan kepentingan klien, dengan tidak mengabaikan sikap profesional dan independen ketika memberikan solusi. Jika hubungan baik terbentuk, maka pelaksanaan tugas akan lebih mudah dilakukan.

Keterampilan Membaca

Skill terakhir yang perlu kamu milikki adalah keterampilan membaca. Kamu harus sering membaca referensi mengenai pengetahuan, aturan, dan prosedur perpajakan serta tetap membuat dirinya up-to-date terhadap situasi ekonomi terutama peraturan-peraturan pajak yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Nah, itu tadi 7 skill penting bagi seorang konsultan pajak yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar