Psikotes Gambar yang Sering Dipakai Rekrutmen
Siker.id | 30 Sep 2022 14:15


Bagikan ke
Psikotes Gambar yang Sering Dipakai Rekrutmen (siker)

siker.id - Psikotes dilakukan agar rekruter mengetahui pola perilaku, pola pikir, serta karakteristik atau sifatmu sebagai pelamar kerja. Kamu akan dihadapkan oleh berbagai jenis tes, mulai dari tes angka hingga tes gambar. Salah satu tes yang digunakan adalah tes gambar. Rekrutmen akan menggunakan salah satu dari lima jenis tes psikologi gambar atau lebih.

Baca Juga : Begini Manfaat Psikotes dalam Proses Rekrutmen

Apa saja sih psikotes gambar yang sering dipakai rekrutmen sobat ? Simak penjelasan berikut ya!

1. Tes house – tree – person (HTP)

Jenis tes pertama yang sering dipakai yaitu tes house-tree-person atau HTP adalah psikotes gambar lainnya yang sering digunakan dalam proses rekrutmen. Dalam tes ini, kamu akan diminta untuk menggambar rumah, pohon, dan orang.

2. Tes wartegg

Jenis tes kedua yang sering dipakai yaitu tes wartegg. Kamu akan diberikan selembar kertas yang berisikan delapan kotak dengan gambarnya masing-masing.

Baca Juga : 6 Strategi Rekrutmen yang Efektif dan Efisien

3. Draw a person test (DAP)

Jenis tes yang ketiga yaitu draw a person test atau DAP. Tes ini akan memintamu untuk menggambar seseorang (a person) pada selembar kertas yang sudah disediakan. Awalnya, tes ini digunakan sebagai tes tambahan untuk tes inteligensi Standford-Binet, terutama untuk penyandang disabilitas buta huruf. Namun, para ahli psikologi segera menyadari kegunaan tes gambar ini dalam berbagai aspek. Mulai dari melihat gambaran inteligensi, kepribadian, hingga kecenderungan stres seseorang. Saat ini, tes DAP digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti proses rekrutmen dan proses diagnosa psikologi klinis.

4. Tree- drawing test ( tes baum)

Jenis tes yang ketiga yaitu tree drawing test atau tes baum. Seperti tes DAP, kamu akan diminta untuk menggambar sebuah pohon pada selembar kertas yang telah disediakan. Tidak hanya itu, terkadang psikolog juga akan memintamu untuk menuliskan esai singkat mengenai pohon yang kamu gambar.

Nah, itu tadi beberapa psikotes gambar yang sering dipakai rekrutmen sobat siker.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 5 Jenis Psikotest yang Sering Muncul di Rekrutmen


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar