4 Masalah yang Kerap Dialami Pekerja
Siker.id | 29 Sep 2022 08:45


Bagikan ke
4 Masalah yang Kerap Dialami Pekerja (siker)

siker.id - Kesehatan mental dan fisik sama pentingnya bagi tubuh dan harus dijaga tetap seimbang. Kesehatan mental bisa berdampak negatif pada karir apabila tidak segera diobati atau mencari bantuan seorang ahli. Pasalnya, masalah mental akan mengakibatkan sulit fokus saat bekerja sehingga produktivitas akan menurun.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Jika Salah Mengirim CV

Nah, beirikut adalah 4 masalah yang kerap dialami pekerja nih sobat siker.

1. Gangguan bipolar

Jenis masalah mental pertama yang kerap dialami pekerja yaitu gangguan bipolar. Gangguan yang satu ini bisa ditunjukkan dengan adanya pergantian suasana hati yang ekstrem dari fase depresi yang hampa lalu berganti menjadi suasana hati yang sangat semangat atau disebut fase mania. Pemilik gangguan yang satu ini bisa terlihat sangat energik dan kreatif saat sedang bekerja. Namun, ada saatnya ia tiba-tiba berubah drastis menjadi pendiam dan sulit fokus. Hal itu sangatlah berpengaruh pada kinerja di kantor karena ia tidak akan mampu memberikan hasil kerja yang maksimal.

2. Depresi

Jenis masalah mental yang kedua dan paling sering dialami pekerja yaitu depresi. Beberapa gejala depresi di tempat kerja yang biasanya ditunjukkan antara lain, gelisah, gugup, mudah tersinggung, selalu mengeluh, dan tidak terlihat sehat. Selain itu, seorang karyawan yang mengalami depresi juga cenderung menjadi lebih pasif. Baik saat diajak bicara secara langsung atau saat meeting, mereka lebih memilih untuk diam. Bahkan, tidak sedikit pula gejala depresi yang menunjukkan bahwa mereka sudah tidak ada semangat lagi untuk bekerja dan tidak bisa produktif lagi.

Baca Juga : Kenali 4 Penyebab Masalah Kesehatan Mental Karyawan!

3. Gangguan kecemasan

Jenis masalah mental ketiga yang kerap dialami pekerja yaitu gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan juga sering mengintai para karyawan kantoran sehingga dapat menurunkan performa di pekerjaannya. Beberapa tanda dari gangguan kecemasan ialah dengan munculnya kegelisahan, kesulitan berkonsentrasi, kelelahan yang terus-menerus, hingga rasa cemas berlebihan saat di kantor. Beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan kecemasan. Misalnya penumpukan stres akibat mengalami masa-masa sulit hingga trauma masa kecil.

4. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity)

Jenis masalah mental keempat yang kerap dialami pekerja yaitu ADHD. Pekerja yang mengalami gangguan ini akan sulit mengorganisasi pekerjaannya. Kemudian, selalu gagal menyelesaikan pekerjaan dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan hingga kesulitan mengelola beban kerja. Bahkan, komunikasi juga akan cukup sulit dilakukan karena biasanya mereka akan susah paham dengan instruksi dari atasan dan mudah berselisih dengan rekan kerja. Jenis masalah mental yang dialami oleh pekerja ini sangat berakibat buruk bagi perkembangan karir.

Nah, itu tadi 4 masalah yang kerap dialami pekerja.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 3 Masalah Mental Yang Sering Terjadi Pada Karyawan

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar