6 Prospek Kerja yang Cerah untuk Lulusan Manajemen!
Siker.id | 28 Sep 2022 16:02


Bagikan ke
Prospek kerja yang cerah untuk lulusan manajemen (siker)

siker.id – Sobat siker, apakah kamu saat ini sedang berkuliah di jurusan manajemen? Ataukah kamu ingin berkuliah di jurusan manajemen?

Pastinya kalian bertanya-tanya mengenai prospek kerja nantinya dari jurusan manajemen ini, bukan? Nah, lulusan manajemen ini ternyata memiliki peluang kerja yang baik, lho.

Pasalnya, lulusan manajemen saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mengisi bidang pekerjaan marketing, operasional, keuangan, dan sumber daya manusia. Nah, kira-kira prospek kerjanya apa saja? Yuk simak penjelasannya, di bawah ini!

Baca Juga: 3 Peluang Kerja bagi Lulusan S2!

Manajer SDM

Prospek kerja yang pertama adalah manajer sumber daya manusia. Ya, seorang lulusan manajemen, tentu memiliki kapasitas untuk mengelola sumber daya manusia (SDM).

Kalau kamu berminat, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menjadi seorang manajer SDM yang mengelola para tenaga kerja di suatu perusahaan.

Staff/ Manajer Keuangan

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi staf atau manajer keuangan. Bila memilih konsentrasi manajemen keuangan, kamu akan belajar banyak hal tentang laporan administrasi keuangan maupun penanganan kelancaran pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Tim atau divisi keuangan bertugas memastikan setiap sumber pendapatan perusahaan dapat dimaksimalkan, dikelola, dan dialokasikan dengan tepat.

Konsultan Bisnis

Prospek kerja selanjutnya adalah konsultan bisnis. Banyak perusahaan nasional atau internasional yang menggunakan jasa konsultan bisnis untuk membantu perkembangan sebuah perusahaan.

Jika kamu adalah seseorang yang tertarik untuk mengulik bagaimana sebuah bisnis bisa berhasil, kamu bisa menjalani pekerjaan ini dengan mulai mencari pengalaman di kantor konsultan bisnis.

Pengusaha

Prospek kerja sebagai pengusaha juga sangat mungkin dari lulusan manajemen ini. Sebenarnya, jurusan apa pun juga bisa menjadi pengusaha. Namun, kamu yang berada di program studi manajemen sudah memiliki modal awal, yaitu pengetahuan mengenai ilmu manajemen yang baik.

Sejak awal kuliah, kamu akan dituntut untuk mandiri dan mengembangkan jiwa entrepreneurship. Semangat, ya, buat kamu yang mau buka usaha!

Baca Juga: 3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Staff/ Manajer Operasional

Prospek kerja selanjutnya adalah staf atau manajer operasional. Bagian atau divisi operasional ini bertanggung jawab dalam perancangan, pengawasan, dan optimalisasi proses operasional suatu perusahaan. Jadi, staff operasional memahami betul seluk beluk perusahaan, mulai dari praktik bisnis, pengembangan sistem, hingga berbagai kegiatan perusahaan.

Bidang operasional pun terbagi sesuai dengan lini bisnis, misalnya lini media tentu berbeda dari lini farmasi. Untuk itu, mahasiswa manajemen operasional pun mempelajari tentang berbagai metode dalam produksi barang maupun jasa.

Akademisi/ Pengajar

Prospek kerja selanjutnya adalah akademisi atau pengajar. Bila lebih tertarik pada kajian ilmu manajemen, Sobat dapat melanjutkan kuliah kejenjang magister setelah menyelesaikan pendidikan sarjana.

Menjadi akademisi atau dosen di perguruan tinggi tentu menjadi profesi yang rewarding bagi Sobat Pintar yang memiliki passion pada pengembangan ilmu pengetahuan.

Nah, itu tadi 6 Prospek Kerja yang Cerah untuk Lulusan Manajemen yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar