icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 4 Tips Melamar di Job Fair yang Benar
Siker.id | 28 Sep 2022 16:06


Bagikan ke
Tips melamar di job fair yang benar (siker)

siker.id – Apakah saat ini kamu sedang mencari pekerjaan? Dan kamu mungkin sedang kebingungan belum mendapatkan pekerjaan?

Kamu bisa memulai mencari pekerjaan dengan datang di job fair, sobat siker. Ya, pameran pekerjaan atau job fair terkadang diadakan oleh beberapa perusahaan untuk menjaring kandidat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Nah, sebagai pelamar, kamu bisa hadir di event ini untuk memperbesar peluangmu memperoleh pekerjaan baru. Lantas bagaimana cara melamar di job fair yang tepat? Begini penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Kesalahan Ketika Melamar Kerja dan Cara Mengatasinya

Datang Lebih Pagi

Tips pertama adalah datanglah lebih pagi. Pasalnya, biasanya para pelamar lebih memilih untuk datang siang hari, justru bisa menjadi bencana buat mereka sendiri.

Mengapa? Karena biasanya para penyedia lapangan kerja akan menyediakan representasi perusahaan mereka yang harus berhadapan dengan ribuan orang. Ya kalau udah sore, pasti mereka capek dong. Baiknya kamu datang pagi, ya, sobat siker.

Cari Kesempatan Bicara Pada Manajer HR

Cara selanjutnya adalah dengan mencari kesempatan berbicara dengan manajer HRD perusahaan. Jika memungkinkan untuk berbicara pada anggota senior atau manajer HR saat acara job fair, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Setiap anggota tim HR pastinya dapat memberikan kamu segala informasi tentang perusahaan dan apa yang perusahaan cari. Sedangkan manajer HR adalah orang yang memiliki pengaruh besar.

Baca Juga: Catat! 4 Hal Penting Ketika Melamar Perusahaan Startup

Jalin Networking

Tips ketiga adalah menjalin networking. Dalam dunia karier, menjalin networking adalah hal yang sangat penting. Datang ke job fair adalah salah satu kesempatan untuk meperluas networking kamu. Pastikan kamu mendapatkan kartu nama dari setiap orang dari perusahaan yang stannya kamu datangi di job fair.

Kartu nama ini akan sangat berguna ketika kamu perlu mem-follow up informasi tentang lowongan pekerjaan dari perusahaan tersebut. Tidak hanya dengan pihak perusahaan, kamu juga bisa menjalin networking sesama job seeker.

Meskipun saling bersaing, tapi kita tidak pernah tahu jika dikemudian hari bisa saling bertukar informasi yang bermanfaat.

Pilih Dresscode yang Tepat

Tips selanjutnya memilih dresscode yang tepat. Dresscode yang umum digunakan saat job fair adalah pakaian formal. Hindari penggunaan celana jeans bagi pria maupun wanita. Hal ini sangat mengganggu dan mengurangi nilai formal acara Job fair. Intinya, pakaian harus mencerminkan wibawa. Selain itu, pakaian akan menjadi citra diri masing-masing personal.

Nah, itu tadi 4 Cara Melamar di Job Fair yang Benar yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Melamar di Perusahaan Impianmu!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar