4 Cara Mengecek CV agar Lamaranmu Tembus !
Siker.id | 28 Sep 2022 14:05


Bagikan ke
4 Cara Mengecek CV agar Lamaranmu Tembus ! (siker)

siker.id - Sebelum mengirim CV ke rekruter, ada baiknya kamu mempelajari cara mengecek CV yang baik dan benar terlebih dahulu ya sobat siker. Pasalnya, kadang kita tak menyadari bahwa ada kesalahan di berkas lamaran meski sudah dicek sendiri, lho. Jangan sampai kesempatan kerjamu hangus karena kesalahan minor di CV.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Jika Salah Mengirim CV

Nah, berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mengecek CV sebelum kamu kirim sobat siker.

1. Print CV

Saat membaca CV yang sudah dicetak, kamu akan lebih mampu menangkap detail-detail yang ada. Untuk tahap ini, kamu bisa mencetak CV-mu dengan warna hitam dan putih saja. Selain itu, coba juga print dengan font yang berbeda dari aslinya. Tandai bagian yang perlu direvisi dengan pena berwarna atau highlighter agar jelas terlihat.

2. Minta bantuan orang lain

Mintalah orang di sekitarmu untuk membaca CV-mu juga sebelum dikirim. Seseorang yang tidak menulis dokumen tersebut biasanya akan lebih mudah menemukan kesalahan. Tak hanya itu, mereka juga bisa memberimu masukan mengenai CV yang sudah dibuat.

Baca Juga : 6 Berkas Lamaran Kerja yang Perlu Disiapkan!

3. Gunakan tool

Cara selanjutnya untuk mengecek CV yaitu dengan menggunakan proofreading tool. Proofreading tool adalah teknologi yang benar-benar bisa memastikan tak ada salah ketik dalam CV-mu. Akan tetapi, kebanyakan tool ini hanya memahami teks dalam bahasa Inggris saja. Salah satu contoh tool yang bisa kamu gunakan adalah Grammarly. Selain itu, spell check otomatis yang ada di Microsoft Word juga dapat membantumu.

4. Istirahat sejenak

Cobalah untuk memberi jeda waktu dari satu pengecekan ke pengecekan lainnya. Bisa jadi, matamu mengalami kelelahan. Hal ini justru membuatmu ada di kondisi yang kurang prima untuk memastikan CV bebas kesalahan. Kalau sedang tidak terburu-buru, kamu bahkan bisa memberi jeda waktu beberapa hari, lho. Akan tetapi, jika harus segera mengirim CV, kamu bisa menunggu 30 menit hingga beberapa jam untuk mengistirahatkan penglihatan, khususnya setelah beberapa waktu menyusun CV.

Nah, itu tadi beberapa cara mengecek cv agar lamaranmu tembus ya sobat.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 3 Tips Menulis Kalimat Penutup dalam Surat Lamaran

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar