Begini Manfaat Psikotes dalam Proses Rekrutmen
Siker.id | 28 Sep 2022 13:34


Bagikan ke
Begini Manfaat Psikotes dalam Proses Rekrutmen (siker)

siker.id - Hampir semua perusahaan menerapkan tes psikologi dalam proses rekrutmen yang mereka selenggarakan. Biasanya, tahap psikotes melibatkan permintaan khusus dari perekrut ke lembaga psikologi atau memanfaatkan pengetahuan HR profesional yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang psikologi. Nah, sobat siker sudah tahu belum manfaat psikotes dalam rekrutmen karyawan baru? Simak penjelasan berikut ya!

Baca Juga : 6 Strategi Rekrutmen yang Efektif dan Efisien

1. Mengetahui secara detail perilaku calon karyawan

Tes psikologis memungkinkan rekruter atau tim HR menggali lebih dalam kepribadian kandidat. Hasil tes mampu memberi gambaran yang jelas tentang perilaku dan pola kepribadian kandidat nanti di tempat kerja, dan memudahkan perusahaan menilai kecocokan perilaku dan posisi yang akan ditempati karyawan.

2. Mengukur kecerdasan pelamar

Manfaat penyelenggaraan psikotes selanjutnya yaitu untuk mengukur kecerdasan pelamar. Dalam hal ini, yang diukur tidak hanya kecerdasan akal, tetapi berkaitan pula dengan kecerdasan emosional dan spiritual, khususnya saat mencari kandidat paling tepat untuk mengisi jabatan tertentu dalam perusahaan seperti memimpin suatu divisi.

Baca Juga : 5 Jenis Psikotest yang Sering Muncul di Rekrutmen

3. Mengetahui sisi psikologis pelamar

Mengetahui kondisi mental calon karyawan sangat penting sehingga perusahaan bisa menghindari orang-orang dengan sifat psikologis tertentu yang dapat mempengaruhi aktivitas karyawan di tempat kerja. Karyawan dengan pengelolaan emosi yang buruk bisa menjadi menghambat kemajuan produktivitas perusahaan.

4. Melakukan prediksi kinerja

Tes psikologi sebenarnya adalah tes yang dapat memberikan gambaran tentang kinerja kandidat di beberapa titik setelah mulai bekerja. Setiap orang unggul dalam aspek yang berbeda. Beberapa orang bekerja dengan baik dalam tim, sementara yang lain bekerja paling baik jika sendirian atau lebih efektif bekerja secara individu.

Nah, itu tadi beberapa manfaat psikotes dalam proses rekrutmen.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 3 Keuntungan Memakai Jasa Rekrutmen Karyawan

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar