4 Cara Membuat Karir Kamu Lebih Cemerlang
Siker.id | 28 Sep 2022 13:27


Bagikan ke
4 Cara Membuat Karir Kamu Lebih Cemerlang (siker)

siker.id - Tidak semua orang paham bagaimana cara merencanakan karir yang baik. Mereka ingin sukses dan memiliki karir yang baik namun tidak paham bagaimana cara meraihnya. Maka dari itu kamu perlu tahu cara yang dapat membantumu membuat dan meraih perencanaan karir yang bisa dijadikan panduan.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Menjadi Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga

Berikut 4 cara yang bisa dijadikan panduan untuk membuat karir kamu lebih cemerlang sobat siker.

1. Mulai mengenali diri sendiri

Melihat kekuatan dan kelemahan ini tidaklah gampang. Kadang orang lain lebih paham tentang dirimu akibat egomu terhadap keinginan yang sebenarnya bukanlah bidang di mana kamu menyimpan bakat. Untuk bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki secara objektif, kamu bisa meminta pendapat dari beberapa teman dekat. Catatlah hal-hal yang mereka ungkap mengenai kekuatan dan kelemahan dirimu.

Walaupun pendapat teman yang kamu mintai masukan tidak sesuai dengan keyakinan, tampung saja semuanya. Kamulah yang harus mengambil peran lebih banyak untuk mengenal kekuatan dan kelemahan karena seharusnya kamu adalah orang yang paling mengerti dirimu.

2. Fokus dan tingkatkan keterampilan yang dikuasai

Tak ada salahnya mencatat keterampilan yang kamu kuasai untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Keterampilan tidak pelu banyak-banyak, yang penting ahli di satu bidang yang diminati. Misalnya keterampilan menulis untuk pekerjaan reporter, selain itu kemampuan observasi, menginterview, menginvestigasi, menulis, mengedit, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 3 Tips Risk Taking Untuk Karir Melejit

3. Ikuti passion

Bekerja dengan passion akan membuatmu semakin produktif, karena dengan passion kamu akan rela berkorban apa saja termasuk uang, waktu, dan tenaga. Passion akan memberikan kepuasan dan rasa bahagia yang tak bisa dibayar dengan apapun juga.

Contoh passion adalah misalnya kamu seorang karyawan di perusahaan IT dan sangat tertarik di bilang teknologi komputer dan gadget, jika sudah punya passion di bidang tersebut, maka kamu akan rela mengembangkan minat di bidang itu sepulang kerja. Bisa jadi kamu akan menemukan ilmu-ilmu baru di bidang teknologi komputer.

4. Cermat membaca tren dan peluang karir di masa depan

Perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini disadari atau tidak telah menutup beberapa pekerjaan sekaligus membuka kesempatan karier di bidang yang lainnya. Contohnya saja pekerjaan atau bidang yang terkait surat menyurat, fotografi, dan sejenisnya. Sebagai gantinya kesempatan berkarya di bidang aplikasi dan transaksi berbasis online sangat terbuka lebar.

Kamu harus jeli membaca tren masa depan ini. Jangan sampai kamu menggeluti bidang yang ternyata ke depannya sudah tidak diperlukan lagi akibat tergilas kemajuan teknologi. Jika tak bisa memprediski tren masa depan, setidaknya kamu bisa cepat adaptasi dan menyesuaikan keterampilan yang kamu miliki dengan kondisi saat ini.

Nah, itu tadi 4 Cara Membuat Karir Kamu Lebih Cemerlang.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 4 Manfaat Manajemen Karir di Perusahaan!

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar