5 Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas saat Bekerja
Siker.id | 27 Sep 2022 14:00


Bagikan ke
5 Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas saat Bekerja (siker)

siker.id - Produktivitas karyawan merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang keberhasilan suatu bisnis. Jika karyawan tidak produktif, tentu kegiatan operasional perusahaan menjadi tidak lancar alias terhambat. Oleh sebab itu, meningkatkan produktivitas kerja penting dilakukan oleh setiap karyawan.

Produktivitas adalah faktor mendasar yang mempengaruhi kemampuan bersaing dalam sebuah perusahaan. Secara garis besar, produktivitas adalah kemampuan setiap orang, sistem, atau suatu perusahaan yang dilakukan untuk menghasilkan barang atau jasa. Dalam meningkatkan produktivitas, sumber daya manusia menjadi elemen paling penting yang harus diakui dan diterima.

Lantas, bagaimanakah cara untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja?

Baca Juga : Cara Baru Cari Kerja Paling Efektif dan Mudah Buat Kamu !

Kamu bisa mempelajari beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja pada daftar di bawah ini.

1. Tulis goals di kertas kecil atau note

Sudah mendapatkan apa saja yang ingin dikerjakan, coba tuliskan goals tersebut ke dalam kertas-kertas kecil atau note digital di handphone atau laptop. Buat tulisan per poin secara menurun, ya. Ini akan memudahkanmu untuk memantau mana saja pekerjaan yang sudah selesai dan belum. Selain itu, tulisan yang berbentuk daftar menurun tersebut akan lebih menarik untuk diselesaikan dibandingkan tulisan panjang yang berderet. Ini jadi salah satu trik yang bisa kamu terapkan, ya.

2. Tentukan deadline

Hampir semua pekerjaan akan mendapatkan deadline. Namun, terkadang ada juga momen di mana tugas tersebut tidak ada batas pengumpulannya. Agar hal tersebut tidak mendemotivasi, kamu bisa menentukan deadline-mu sendiri. Pastikan bahwa deadline yang kamu tetapkan tersebut masih memungkinkan untuk dicapai dan tidak mengganggu tugas lainnya.

3. Aktifkan mode fokus

Salah satu distraksi yang paling kuat saat kamu akan fokus adalah notifikasi dari handphone, baik itu dari media sosial atau mungkin sekadar iklan yang lewat. Saat akan mulai meningkatkan produktivitas, kamu bisa mengaktifkan mode fokus dengan mematikan suara dering handphone dan taruh handphone di meja dengan posisi layar menghadap ke bawah.

Baca Juga : 3 Cara Efektif Diet Sambil Bekerja

4. Selesaikan tugas satu persatu

Menentukan prioritas akan memudahkanmu untuk mengelompokkan dan mengurutkan tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Selesaikan tugas-tugas tersebut satu per satu hingga selesai, ya. Untuk momen awal membangun produktivitas, ada baiknya untuk tidak multitasking terlebih dahulu.

5. Jangan Lupa Beristirahat

Produktivitas yang baik akan lebih optimal jika diimbangi dengan beristirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk terus bekerja dan justru membuat kesehatanmu menurun. Jaga tidur dan pola makan agar badan tetap fit dan bisa produktif secara optimal.

Nah, itu tadi Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas saat Bekerja.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 5 Keuntungan Komunikasi Efektif dalam Dunia Kerja


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian