3 Skill yang Wajib Dimilikki Ghost Writer
Siker.id | 27 Sep 2022 14:17


Bagikan ke
Skill yang wajib dimilikki ghost writer (siker)

siker.id – Selain profesi content writer yang juga banyak diminati, pekerjaan sebagai ghost writer juga banyak dipekerjakan oleh beberapa perusahaan. Sebenarnya apa itu ghost writer?

Ghost Writer (GW) merupakan seseorang yang dipekerjakan oleh seseorang atau perusahaan dan bertugas untuk menulis untuk mereka. Nama dari penulis tidak akan dicantumkan dalam tulisan, melainkan hanya diakui oleh individu atau perusahaan yang mempekerjakan mereka.

Individu atau perusahaan juga akan memiliki copyright dari hasil tulisan tersebut, sehingga mereka bebas untuk mengubah, memperbanyak, mempublikasi, bahkan menjualnya untuk kepentingan komersil.

Seorang ghost writer ini terkadang dibutuhkan oleh perusahaan yang sedang berkembang sebab mereka tak sempat atau tidak bisa menulis materi sendiri. Maka dari itu, beberapa perusahaan merekrut ghost writer untuk membantu perusahaan mereka.

Nah, lantas keterampilan apa saja yang dibutuhkan sebagai seorang ghost writer? Begini penjelasannya!

Baca Juga: 5 Tips Manjur Menjadi Seorang Content Writer!

Kreativitas yang Tinggi

Skill pertama adalah kreativitas yang tinggi. Seorang GW juga harus kreatif, sebab perlu menyampaikan ide dari pengguna jasa untuk bisa dituangkan ke dalam tulisan dengan cara yang tepat.

Sehingga harus kreatif dalam menggunakan kosakata, menentukan sudut pandang, dan lain sebagainya. Supaya hasil tulisan tersebut sesuai harapan pengguna jasa.

Baca Juga: 5 Skill Wajib yang Harus Dimiliki UX Writer

Kemampuan Menulis yang Baik

Kedua, skill yang diperlukan tentunya adalah kemampuan menulis yang baik. Menulis bukan hal mudah untuk dilakukan, namun sekaligus bukan kemampuan yang tidak bisa dipelajari.

Mengasah kemampuan menulis sangat penting agar kualitas tulisan diakui dan dihargai. Maka sebelum terjun menjadi GW, pastikan sudah mengasah kemampuan menulis dengan baik.

Kemampuan Melakukan Riset

Skill ketiga adalah kemampuan dalam melakukan riset. Seorang GW perlu menghasilkan tulisan yang otentik, faktual, dan juga koheren.

Sehingga selama proses menulis ini perlu melakukan riset, sehingga hasil tulisan tidak hanya bagus namun isinya juga bisa dipertanggung jawabkan. Maka seorang GW perlu kemampuan riset yang baik.

Nah, itu tadi 3 Skill yang Wajib Dimilikki Ghost Writer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Menulis Artikel bagi Penulis Pemula


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar