5 Tanda Kamu Cocok Menjadi Seorang Manajer!
Siker.id | 27 Sep 2022 15:43


Bagikan ke
Tanda kamu cocok menjadi seorang manajer (Siker)

siker.id – Menjadi seorang manajer tentu banyak diidamkan oleh para karyawan. Terlebih jika karyawan tersebut sudah memiliki masa kerja yang lama dan segudang pengalaman. Menjadi seorang manajer juga berarti harus mempunyai kepemimpinan atau leadership yang baik.

Bukan karna jabatan yang lebih tinggi dibanding bawahannya, seorang manajer tidak bisa sewenang-wenang alias seenaknya memimpin anak buahnya. Mereka harus mampu menjadi pemimpin yang teladan dan mampu mengarahkan bawahnnya dengan baik.

Untuk itu, menjadi seorang manajer tidaklah mudah. Diperlukan keterampilan komplit dan pengalaman atau jam terbang yang lengkap pula.

Lantas, apa saja tanda-tanda jika kamu merupakan orang yang cocok menjadi seorang manajer? Begini penjelasannya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Manajer yang Perlu Dihindari!

Berhasil Memimpin Tim di Berbagai Proyek

Tanda pertama adalah berhasil memimpin tim di berbagai proyek. Bila kamu berhasil membuktikan kemampuanmu dalam memimpin tim dengan setidaknya tiga atau lebih anggota dalam beberapa proyek yang sukses, maka perusahaan akan melihat bahwa kamu siap untuk mengemban tanggung jawab manajerial.

Mereka juga akan semakin yakin bahwa kamu siap menjadi manajer bila kamu juga membuktikan kesuksesan dalam memimpin tim lintas fungsi dan budaya di perusahaan tersebut.

Mampu Menangani Konflik

Tanda selanjutnya kamu cocok menjadi seorang manajer adalah mampu menangani konflik dan mempunyai solusi yang baik. Untuk bisa melakukan ini diperlukan kemampuan untuk tetap berkepala dingin dan mampu menganalisis situasi dari berbagai sudut.

Bila kamu sudah memiliki kemampuan ini, maka ini menjadi tanda kesiapanmu menjadi seorang manajer.

Dapat Dijadikan Mentor

Tanda ketiga adalah rekanmu menjadikan dirimu sebagai mentor yang baik. Bila kamu dinilai memiliki kemampuan komunikasi verbal maupun tulisan yang baik, kesabaran, empati, pendengar yang baik, dapat dipercaya, menghargai orang lain, kolaboratif, dan mampu memotivasi orang lain layaknya mentor, maka kamu siap menjadi seorang manajer.

Seorang manajer yang baik harus memiliki karakteristik tersebut karena akan menunjang perannya sebagai mentor dan pembimbing yang baik bagi anggota timmu.

Baca Juga: Kenali 4 Tugas Seorang Manajer Penjualan Ini!

Memiliki Semangat Bekerja Sama

Tanda selanjutnya kamu cocok menjadi seorang manajer adalah saat kamu selalu bersemangat untuk bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Hal ini dikarenakan saat menjalani peran manajerial, kamu akan dihadapkan pada keharusan untuk berkolaborasi dengan banyak pihak dalam berbagai kesempatan. Kamu akan menghadiri banyak rapat, baik dalam grup maupun individu dalam perusahaan.

Konsisten Meraih Hasil Positif Pekerjaan

Tanda terakhir adalah memiliki hasil positif yang diraih dalam bekerja. Bila selama ini kamu bisa memberikan hasil maksimal dalam setiap pekerjaan, ini menjadi pertanda baik pertama bahwa kamu siap mengemban pekerjaan dan tantangan yang lebih besar seperti posisi manajer.

Sebaliknya, bila kamu masih kesulitan menyelesaikan pekerjaan harian dengan baik, maka kecil kemungkinan kamu bisa memegang tanggung jawab yang lebih besar seperti mengelola pekerjaan orang lain.

Nah, itu tadi 5 tanda yang cocok menjadi seorang manajer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Manajer Produk!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar